Banding Grab Putus Mitra – Dalam dunia kerja, ada kode etik atau peraturan yang harus dipatuhi setiap orang, seperti halnya Ojek Online Khususnya Perusahaan Grab.
Sebagai salah satu penyedia layanan ojek online, Grab telah menetapkan beberapa kode etik yang harus dipatuhi oleh setiap pengemudi atau driver dalam melakukan pekerjaan apapun.
Jika kode etik dilanggar, Grab mengenakan berbagai sanksi kepada pengemudi tergantung pada tingkat kesalahannya, seperti pemutusan hubungan kerja atau pemutusan kontrak kerja.
Jika Anda seorang pengemudi Grab dan menerima pemberitahuan bahwa Grab telah kehilangan mitranya, berarti Anda telah melakukan kesalahan fatal.
Tapi Anda tidak perlu khawatir. Anda masih bisa terus bekerja sebagai pengemudi Grab dengan mengajukan banding Grab Putus Mitra.
Bagaimana Anda mengajukan banding terhadap tagihan ambil yang hilang oleh mitra? Informasi lebih lengkap terkait imbauan pemutusan hubungan kerja Grab dari mitra bisa Anda dapatkan melalui artikel ini. Selamat membaca!
Daftar Isi
Penyebab Putus Mitra Grab
Apa saja hal yang bisa menyebabkan Grab putus mitra? Ada beberapa hal yang harus Anda hindari agar tidak putus dengan mitra Grab Anda.
Berikut beberapa penyebab putusnya hubungan dengan mitra Grab.
1. Penggunaan Aplikasi ilegal
Sebagai ojek online, Grab tentunya memiliki sistem sebagai jembatan antara pengemudi dan pelanggan. Salah satu sistem yang digunakan adalah pelacakan koordinat atau lokasi pengemudi menggunakan GPS.
Grab memilih dan memesan driver dengan lokasi terdekat dengan pelanggan.
Nah untuk mem-bypass sistem ini, di dunia ojek online, ada Aplikasi Fake GPS atau semacamnya yang bisa memberikan informasi palsu tentang keberadaan driver.
Misalnya pengemudi sedang berada di warung kopi, namun dengan bantuan Fake GPS, pengemudi dapat mengatur posisi koordinat di dekat tempat yang ramai dengan calon pelanggan, seperti pusat perbelanjaan.
Menggunakan aplikasi seperti Fake GPS, MOD dan sejenisnya untuk mengelabui sistem Grab merupakan pelanggaran kode etik yang dapat mengakibatkan penghentian afiliasi Grab.
2. Order Fiktif
Selain menggunakan aplikasi ilegal, tak jarang para driver melakukan kecurangan melalui order fiktif atau order palsu. Dengan cara ini, misalnya, driver memesan melalui aplikasi (untuk penumpang saja) atau melalui aplikasi teman.
Oleh karena itu, pengemudi seolah-olah sedang memenuhi pesanan, padahal sebenarnya dialah yang memesan.
Biasanya order fiktif ini dibuat untuk memenuhi ketentuan kuantitas order untuk menutup poin dan mendapatkan insentif. Ini menipu sistem yang diatur oleh Grab.
Grab dapat mendeteksi hal ini dan menyebabkan mitra Grab putus.
3. Melakukan Kejahatan atau Kriminal
Sudah jelas dan pasti jika seorang driver melakukan tindak pidana maka akan diberikan sanksi oleh pihak Grab. Bahkan bisa dilanjutkan melalui jalur hukum jika kejahatan yang dilakukan benar-benar berat.
Jika sudah masuk jalur legal, maka Anda bukan lagi driver Grab.
4. Jual Beli Akun Grab
Dalam situs resminya, jual beli akun Grab termasuk dalam kategori perilaku curang yang berujung pada sanksi tegas. Tanpa pemberitahuan melalui SMS atau kemampuan untuk memperbaikinya, pelaku yang terlibat dalam transaksi jual beli akun Grab langsung diputus oleh mitra sebagai pengemudi.
Selain itu, ketika ojol diberhentikan sebagai mitra pengemudi Grab, setiap insentif dan pendapatan yang tidak berkurang hilang begitu saja.
Oleh karena itu, hukuman untuk jual beli akun Grab sangat berat dan banding tidak diterima.
Pengajuan Banding Grab Putus Mitra
Seruan Grab untuk memutuskan mitra dilakukan untuk mendapatkan atau mengaktifkan kembali akun pengemudi Grab yang tidak dapat digunakan karena pelanggaran kode etik Grab.
Berikut adalah beberapa cara Anda dapat mengajukan banding terhadap pemisahan mitra Grab.
1. Datang ke Kantor Grab Center
Cara pertama untuk banding Grab putus mitra adalah dengan langsung mendatangi alamat kantor Grab terdekat. Anda dapat menjelaskan alasan atau hal-hal yang Anda lakukan hingga menyebabkan pemutusan hubungan kerja sama tersebut.
Memberikan penjelasan dan alasan yang masuk akal agar permintaan Grab untuk memutuskan hubungan dengan mitra dapat diterima oleh Grab.
2. Hubungi Call Center Grab
Anda juga bisa Banding Grab Putus Mitra melalui Grab Center di 021-80648777. Beri tahu call center Grab bahwa Anda ingin mengajukan banding atas putusnya hubungan Grab dengan mitra tersebut.
Jelaskan secara lengkap masalah yang Anda alami kepada petugas. Kemudian petugas akan menindaklanjuti permohonan tersebut dan memberi tahu Anda apakah permohonan Anda telah diterima atau ditolak.
3. Kunjungi Pusat Bantuan Grab
Selain kantor dan call center terdekat, Anda juga bisa mengandalkan Grab untuk mengakhiri hubungan dengan mitra melalui Grab help center.
Anda bisa melakukannya melalui aplikasi atau website resmi Grab. Namun, proses yang harus Anda lalui untuk metode ini cukup lama dibanding kedua metode sebelumnya.
Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajukan banding agar Grab putus mitra. Sebelum mengajukan banding, persiapkan terlebih dahulu persyaratan yang diperlukan agar proses banding mitra Grab berjalan lancar.
Syarat Pengajuan Banding Grab Putus Mitra
Di antara syarat pengajuan branding untuk Grab Putus mitra yang harus Anda penuhi adalah sebagai berikut:
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang terdaftar di akun Grab
- SIM terdaftar di akun Grab
- Ponsel yang digunakan untuk menarik pesanan Grab
- Alasan yang jelas untuk keberatan
Anda juga dapat menyiapkan bukti untuk memperkuat argumen Anda saat mengajukan banding ke Grab, seperti foto produk atau barang, tangkapan layar interaksi Anda dengan pelanggan, atau bukti lain yang dapat diterima dan dipertimbangkan oleh Grab.
Perbedaan antara Putus Mitra Grab, Suspend dan Nonaktif
Kondisi akun Grab tidak bisa digunakan bukan karena putus mitra. Tetapi akun Anda mungkin ditangguhkan (ditahan) atau dinonaktifkan untuk sementara.
Perbedaan antara keduanya dengan putus mitra adalah pada penyebabnya. Untuk informasi lebih lanjut cara buka suspend grab, berikut adalah beberapa penyebab yang menyebabkan akun driver untuk sementara ditangguhkan atau dinonaktifkan.
Akun Pengemudi Grab Disuspend (dibekukan)
- Seringnya Mengabaikan Pesanan Grab
- Sering membatalkan pesanan dengan alasan yang tidak masuk akal
- Laporan dari customer yang mengatakan driver tidak menggunakan atribut lengkap (khusus driver Grab Bike)
- Ada laporan dari pelanggan tentang sikap atau layanan yang buruk dari pengemudi
Jika akun Anda ditangguhkan, biasanya Anda tidak dapat menerima pesanan selama beberapa jam setelah menerima pemberitahuan. Akun dapat aktif kembali ketika masa penangguhan telah berakhir.
Akun Grab Driver Non Aktif Sementara
- Laporan dari pelanggan bahwa pesanan yang dipesan tidak sampai ke pelanggan, pesanan datang dengan jumlah yang tidak mencukupi, atau pesanan sampai ke pembeli dalam keadaan rusak
- Menambah biaya pemesanan di aplikasi Grab tanpa persetujuan pembeli
- Melewatkan verifikasi wajah Grab beberapa kali dalam waktu yang ditentukan yaitu 15 menit
Biasanya penonaktifan akun driver Grab membutuhkan waktu minimal 3 hari. Setelah selesai, akun akan diaktifkan kembali.
Melihat penyebab akun driver disuspend, tidak aktif sementara dan partner drop-out, dapat disimpulkan bahwa putusnya akun Grab dengan partner adalah akibat dari pelanggaran kode etik Grab yang paling serius.
Meskipun ada Cara Banding Grab Putus Mitra, bukan berarti Anda bisa mengaktifkan kembali akun pengemudi Grab Anda.
Peluang terjadinya hal ini sangat kecil dan bergantung pada kebijakan Grab. Oleh karena itu, selalu berhati-hati dan patuhi kode etik yang telah ditetapkan untuk menghindari kerugian dan tetap dapat bekerja sebagai pengemudi Grab. baca juga cara buka suspend grab penumpang.