Cara Cancel GrabFood – Gaya hidup modern tidak lepas dari penggunaan gadget yaitu gadget yang begitu melekat di masyarakat saat ini. Dengan perangkat seperti smartphone dan akses internet Anda bisa melakukan apa saja.
Misalnya, jika Anda hanya menggunakan aplikasi Grab, Anda dapat memesan makanan dari restoran atau vendor favorit Anda. Tinggal tunggu di rumah, tak peduli hujan deras atau hari panas, ojol siap antar makanan.
Namun jika Anda tiba-tiba tidak memesan, apakah Anda cukup tahu cara membatalkan GrabFood?
Meski terdengar sederhana, tidak semua konsumen tahu cara membatalkan pesanan GrabFood. Alhasil, para ojol yang mengantri makanan di restoran dan mengantarkannya ke pelanggan harus kecewa karena konsumen tidak mau menerimanya.
Ini benar-benar merugikan, bukan? Namun sebelum kita berbicara tentang Cara Cancel GrabFood, ada baiknya Anda memahami GrabFood itu sendiri.
Daftar Isi
Cara Order makanan di GrabFood
Bahkan, sebagai salah satu penyedia jasa transportasi online terbesar di Indonesia, Grab telah melayani hampir seluruh provinsi tanah air. Setiap tahun, jumlah mitra ojol bertambah seiring dengan permintaan Grab. Memperluas bisnis, GrabFood merupakan salah satu layanan unggulan Grab yang begitu bermanfaat bagi khalayak luas.
Seperti yang sudah diulas sebelumnya, GrabFood memudahkan Anda mendapatkan makanan. Anda hanya perlu memesan melalui aplikasi, Ojol akan mengirimkannya kepada Anda.
Mirip dengan memesan ojol, pesan juga makanan melalui aplikasi Grab dan pilih layanan GrabFood. Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan Grab, berikut prosedurnya:
1. Pilih Layanan
Pilih layanan GrabFood di aplikasi Grab, lalu masukkan alamat tujuan pengiriman makanan. Kalau mau diantar ke rumah, tulis alamat rumah atau pilih langsung lewat map. Begitu juga jika ingin makanan diantar ke kantor atau sekolah.
Bahkan bagi Anda yang ingin mengirimkan makanan kepada orang terdekat pun hanya perlu menuliskan alamatnya dengan jelas.
2. Menentukan Menu
Tentukan menu yang diinginkan. Ada banyak menu dari ratusan restoran. Bisa pilih makanan berat, snack atau minuman saja. GrabFood biasanya memberikan rekomendasi restoran favorit yang banyak dipesan konsumen. Atau jika tidak ingin ongkos kirim terlalu mahal, pilih saja restoran terdekat dari rumah Anda.
Jika Anda sudah menemukan menu yang menarik bagi Anda, entah karena tertarik dengan fotonya, percaya restorannya atau cocok dengan harganya, Anda bisa langsung menekan tombol (+).
3. Konfirmasi Pemesanan
Lanjutkan dengan menekan tombol VIEW CART untuk melihat apa yang telah Anda pesan. Jika salah, perbaiki dengan mengurangi jumlah porsi (-) atau mengubah menu.
Pastikan dulu pesanannya sudah benar dan beri catatan tambahan, misal mau tambah nasi, tidak pedas, atau tanpa sayur agar ojol bisa pesan sesuai keinginan.
4. Pilih metode Pembayaran
Tentukan terlebih dahulu metode pembayaran Anda, apakah cash saat makanan sampai di rumah, atau cashless dengan OVO. Bahkan Grab biasanya menawarkan kode promo yang bisa menjadi potongan harga untuk pesanan Anda.
5. Pastikan Alamatnya Benar
Periksa kembali alamat pengiriman. Jika pesanan sudah sesuai baik porsi maupun alamat, tinggal tekan tombol ORDER. Begitu tombol ORDER ditekan, sistem Grab akan meneruskan pesanan Anda ke ojol terdekat dari lokasi.
Jadi, mudah bukan Cara Pesan GrabFood? Tentunya jika sudah paham, proses ini bisa dilakukan hanya dalam beberapa menit saja. Biasanya ojol akan menghubungi Anda melalui layar chat atau telepon langsung untuk konfirmasi pesanan.
Jadi ada baiknya pastikan nomor ponsel Anda aktif dan bisa dihubungi setelah memesan dari GrabFood.
Baca Juga :
Cara Cancel Pesanan GrabFood
Setelah hal di atas sudah dijelaskan mengenai pemesanan dari GrabFood, maka hal selanjutnya yang akan dibahas adalah Cara Cancel GrabFood. Ada beberapa hal yang terkadang menyebabkan konsumen membatalkan pesanan, seperti salah memesan barang sehingga tidak memakannya.
Sebaiknya proses pembatalan pesanan dilakukan sesegera mungkin setelah pesanan dilakukan agar tidak merepotkan kedua belah pihak.
Sebelum mengetahui cara membatalkan GrabFood, ada baiknya Anda memberi tahu pihak ojol. Jangan sampai pesanan Anda dibatalkan jika ojol sudah antre untuk memesan, bayar di restoran dan langsung diantar ke rumah Anda.
Tak sedikit konsumen yang egois bahkan membatalkan pesanan secara sepihak begitu ojol sudah sampai di tujuan.
Agar tidak mengecewakan ojol dan konsumen, berikut tutorial singkat cara membatalkan atau cancel pesanan GrabFood:
1. Pastikan Driver belum memesan Makanan
Pertama, jika memang ingin membatalkan pesanan GrabFood, pastikan pihak ojol belum melakukan pemesanan makanan di restoran tersebut.
Apalagi jika Anda memilih untuk membayar secara tunai, Anda harus bertanggung jawab atas pesanan yang telah dibuat, sehingga membatalkan secara sepihak ketika makanan sudah dipesan adalah tindakan yang tidak bijaksana.
Jika pihak ojol membatalkan pesanan, Anda juga harus memeriksa apakah alasannya masuk akal. Misalnya menu yang dipesan sudah habis, antrian terlalu panjang sehingga merugikan ojol, atau restoran tutup.
Namun Anda juga harus siap jika ojol menanyakan alasan pribadi seperti ban motor kempes atau tiba-tiba jatuh sakit dan ingin pulang.
2. Pembatalan Pesanan
Jika alasan pembatalan sudah jelas, Anda tinggal masuk ke layar layanan GrabFood di aplikasi dan pilih tombol PEMBATALAN PESANAN.
Grab memberikan peringatan pembatalan terakhir, dan jika Anda benar-benar ingin membatalkan, Anda dapat membatalkan pesanan GrabFood hanya dengan menekan tombol CANCEL.
3. Jelaskan Alasan Pembatalan
Anda akan diminta untuk memilih alasan pembatalan seperti yang dinyatakan sebelumnya. Namun, jika alasan pembatalan tidak ada dalam template alasan di permintaan, Anda hanya perlu menuliskannya di kolom yang sesuai.
Jika semuanya berjalan dengan baik, proses pembatalan pesanan selesai.
Tidak sulit bukan? Hanya perlu beberapa menit dan pesanan sudah siap. Anda dapat memesan lagi dari restoran lain tanpa harus membayar pesanan yang tidak dipesan,
Baca Juga :
Orderan GrabFood tidak berubah
Memang penting bagi konsumen bagaimana cara cancel GrabFood saat tiba-tiba tidak jadi memesan makanan. Namun, bagi ojol, pembatalan pesanan dapat mempengaruhi kinerjanya.
Bahkan, banyak ojol yang meminta konsumen untuk membantu membatalkan pesanan terlebih dahulu di aplikasi agar performanya sehari-hari tidak terpengaruh.
Sekedar informasi, ada satu hal mendasar yang membuat ojol enggan mencari tahu cara membatalkan pesanan GrabFood. Semua itu tidak lepas dari tindakan pembatalan yang sebenarnya berdampak sangat buruk terhadap kinerja mereka.
Aturan Grab bahwa jika pesanan GrabFood dibatalkan sepihak oleh driver alias ojol, maka itu merupakan tindakan kekecewaan pelanggan.
Apapun alasannya, tindakan driver yang membatalkan pesanan bisa merusak citra Grab. Tak heran jika Grab akhirnya menjatuhkan sanksi yang cukup berat kepada driver yang membatalkan pesanan.
Hanya saja terkadang pihak ojol justru merugi akibat ulah konsumen yang terlalu lama menekan tombol batal.
FYI, semakin lama Anda membatalkan pesanan di aplikasi, entah karena lupa, sepertinya nasib Ojol “digantung”. Karena dalam sistem Grab, ojol masih dianggap belum selesai tugasnya, sehingga tidak bisa menerima pesanan baru.
Untuk itu, jika memang ingin membatalkan pesanan, pastikan segera dilakukan di aplikasi.
Banyak cerita tentang ojol yang tidak bisa menerima pesanan meski di tempat ramai hanya karena pelanggan lupa membatalkan pesanan GrabFood.
Hal ini tentu saja merugikan dirinya dan terkesan “mematikan” rejeki para ojol. Tak sedikit aksi tersebut juga dilakukan oleh pelaku perintah fiktif atau opik untuk mencari keuntungan.
Para Opik ini membuat pesanan palsu dan kemudian membiarkannya tanpa menanggapi obrolan atau membatalkan pesanan.
Apakah Anda tidak ingin menjadi pihak yang justru merugikan saudara Ojol? Untuk itu, sebagai manusia yang beradab, Anda harus mengetahui cara membatalkan GrabFood yang tepat agar tidak merugikan semua pihak.
Ri