Cara Cek Resi Gojek – Go-Send adalah layanan dari Gojek. Layanan ini memungkinkan Anda menerima barang yang dipesan melalui toko online pada hari pembelian. Penerapan layanan ini mencakup berbagai marketplace.
Karena berbeda dengan model pengiriman lainnya, banyak pelanggan yang menanyakan bagaimana cara mengecek resi Gojek atau Go-Send.
Di Bukalapak, kerja sama dengan Gojek telah menghasilkan pengiriman pada hari yang sama atau dikenal juga dengan same-day delivery.
Di Tokopedia muncul layanan Pengiriman Instan. Begitu juga di Lazada, Matahari Mall dan Elevenia. Hal ini tentu saja memanjakan pembeli yang tempat tinggalnya masih di kota penjual.
Karena jasa kurir via Gojek ini hanya melayani pengiriman barang kecil (maksimum ukuran 70 x 50 x 50) dan hanya dalam kota.
Perbedaan antara Go Send dan opsi pengiriman lainnya
Layanan pengiriman Gojek relatif baru. Jangkauan layanan juga terbatas. Namun hal ini sangat membantu dalam melayani konsumen yang menginginkan barang yang dibelinya secara online langsung diantar ke rumah.
Berbeda dengan jasa kurir lainnya, pengiriman barang dengan Go-Send tidak dapat dikontrol melalui website resmi.
Bandingkan jika Anda memesan barang kemudian diantar oleh TIKI, JNE atau lainnya. Melalui website resmi atau website pengecekan resi, kita bisa mengetahui dimana barang pesanan kita berada.
Namun berbeda dengan Go-Send. Tidak ada fitur atau website khusus yang dapat melaporkan keberadaan paket kami. Setidaknya sampai ada solusi cerdas yang baru saja diluncurkan oleh Gojek sendiri.
Cara Cek Resi Gojek Melalui SMS dan Aplikasi
Karena tidak ada website khusus untuk melacak paket, satu-satunya cara untuk mengecek struk Gojek yang biasa dilakukan adalah dengan menghubungi customer service Gojek.
Pembeli menyimpan nomor resi pengiriman barang kemudian melakukan pengecekan secara manual dengan menanyakan kepada CS dengan menunjukkan nomor resi. Cukup mengganggu ya?
Oleh karena itu, tidak heran jika banyak yang bingung dan akhirnya bertanya bagaimana cara mengecek paketnya. Nah, untungnya, isu-isu tersebut ditanggapi dengan baik oleh Gojek sebagai pengembang dan penyedia layanan.
Apakah kamu tahu? Sudah setahun Gojek meluncurkan fitur barunya. Lebih tepatnya, pada September 2017 lalu, Gojek meluncurkan fitur pelacakan parsel dari berbagai mitranya.
Baik di Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Elevenia dan lainnya. Wah, kamu pasti sudah tahu dan berhenti bingung bagaimana cara cek resi Gojek atau Go-Send ini.
Fitur pelacakan ini menjelaskan cara kerjanya sebagai berikut:
- Ketika Anda telah menyelesaikan proses belanja dan memilih pengiriman melalui Go-Send, Anda akan menerima notifikasi melalui SMS. Isinya terdiri dari nomor resi, invoice/tagihan belanja dan link/tautan khusus.
- SMS berisi alamat lengkap pengirim dan tujuan pengiriman. Sementara jika link tersebut di klik maka akan otomatis terbuka dan menggunakan browser yang ada di smartphone.
- Tautan tersebut akan menampilkan peta (peta). Di sana Anda akan melihat ikon driver Gojek berwarna hijau dan beberapa rambu. Diawali dengan “Order Confirmed”, yang artinya penjual sudah memesan Go-Send. Saat penjual memiliki driver Gojek, titik bertuliskan “Driver Assigned” akan menyala hijau. Artinya penjual memiliki supir yang akan mengantarkan barang.
Setelah driver Gojek berangkat mengantarkan paket, titik “Out for Pickup” menyala hijau. Saat paket akhirnya sampai kepada Anda, titik “Pengambilan selesai” menyala hijau.
Baca Juga :
Jadi ini jelas bukan informasi bukti pengecekan Gojek atau Go Send. Jadi jangan bingung lagi. Proses pengiriman agak lama, biasanya karena penjual tidak segera mendapatkan drivernya, atau driver terjebak macet, jadi pasti agak telat.