Breaking News
Cara Foto KTP Kartu Prakerja

Cara Foto KTP Kartu Prakerja

Cara Foto KTP Kartu Prakerja – Seperti yang kamu ketahui, KTP merupakan syarat penting untuk mengikuti program Kartu Prakerja. Nantinya, diperlukan KTP untuk melengkapi langkah-langkah pendaftaran, termasuk KTP berfoto.

Namun, tak sedikit dari pendaftar yang masih kesulitan mengunggahnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami masalah serupa, berikut adalah cara yang benar untuk mengambil foto KTP untuk kartu prakerja.

1. Harus Menggunakan E-KTP.

Salah satu syarat terbaru untuk mendaftar gelombang Kartu Prakerja ini adalah memiliki E-KTP. Oleh karena itu, Anda harus memiliki E-KTP sebelum mendaftar.

Selain itu, jangan lupa untuk memastikan bahwa E-KTP yang Anda gunakan sudah terdaftar di Dukcapil. Jika nanti E-KTP Anda bermasalah, Anda bisa mengunjungi Dukcapil setempat atau bisa juga email callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id

2. Ukuran file foto maksimal 2 Mb

Apakah Anda sudah mengupload foto E-KTP Anda, tetapi apakah bisa atau akan ditolak? Bisa jadi karena ukuran file foto E-KTP Anda lebih besar dari ukuran yang tertera di website Kartu Prakerja.

Ukuran maksimal file foto KTP yang akan diupload adalah 2 megabyte (Mb). Jika Anda melanggar ketentuan, situs web akan secara otomatis menolak ID foto Anda.

3. Pastikan format foto adalah JPG, JPEG atau PNG

Biasanya, foto yang diambil dengan ponsel atau gambar di web memiliki format yang berbeda, seperti JPG, JPEG, Webp, dan PNG. Saat mengunggah foto E-KTP ke situs web prakerja, pastikan format file JPG, JPEG, atau PNG.

Hal ini dikarenakan file foto selain format tersebut otomatis ditolak oleh sistem website Kartu Prakerja.

4. Kondisi KTP masih bagus dan bening

Kemudian pastikan KTP Anda dalam kondisi baik. Penulisan informasi pribadi seperti nama, tempat, tanggal lahir, hingga foto ID harus terlihat jelas saat pengambilan gambar. Seringkali kondisi KTP yang sudah tua dan sering tergores membuat data pribadi menjadi tidak jelas dan sulit dikenali.

Jika ID foto Anda tidak jelas saat difoto atau dipindai, mungkin sulit bagi Anda untuk mengunggah dan selama proses verifikasi. Anda bisa mengganti KTP dengan kondisi yang kurang baik. Dengan pergi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Anda bisa menggantinya dengan KTP baru.

5. Bisa menggunakan foto langsung dari HP

Sekarang Anda dapat mengambil foto E-KTP Anda secara instan dari ponsel Anda. Namun, cara ini hanya dapat digunakan jika Anda mendaftar melalui ponsel. Nanti saat mendaftar, cukup tap kolom ‘Unggah Foto E-KTP’ di bagian data diri.

Kemudian file atau kamera penyimpanan ponsel Anda akan terbuka secara otomatis. Cukup unggah atau ambil gambar E-KTP Anda.

Bisa menggunakan foto langsung dari HP

6. Foto KTP dan bukan fotokopi

Sebelum mengunggah foto tanda pengenal Anda, pastikan itu menutupi seluruh tanda pengenal Anda. Usahakan untuk memotretnya dengan presisi dan tidak terpotong seperti gambar di bawah ini.

Foto KTP dan Bukan Fotokopi

Namun, jika Anda mendaftar melalui ponsel, pastikan semua foto dari E-KTP Anda ada dalam bingkai foto seperti pada contoh di bawah ini. Kemudian pastikan bahwa Anda tidak menggunakan salinan kartu identitas Anda.

Bukan Fotokopi

Selain itu, jika kualitas kamera ponsel Anda tidak baik, Anda dapat memindai kartu ID Anda. Anda akan menemukan pemindai di mesin fotokopi.

7. Koneksi Internet dan Waktu yang Tepat

Pastikan kondisi internet Anda baik dan stabil. Salah satu alasan tidak mengunggah foto ID adalah koneksi internet yang tidak stabil. Selain itu, pilih momen yang tepat.

Faktor lain yang mencegah pengunggahan foto adalah karena banyaknya orang yang mendaftar dan mengunggah file ke situs web kartu prakerja. Hal ini membuat kinerja website Kartu Prakerja menjadi lambat. Oleh karena itu, pilihlah waktu yang tepat, seperti pagi hari atau tengah malam.

Baca Juga: Manfaat dan Kegunaan Kartu Prakerja

Itulah beberapa solusi dan tata Cara Foto KTP Kartu Prakerja yang benar. Semoga proses pendaftarannya berjalan lancar. Jika Anda masih ragu untuk membeli kelas pelatihan, Anda bisa langsung ke Learning ala JobSter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.