Lapor Penumpang Grab – Profesi grab driver masih banyak diminati, meski masalah terkait insentif dan lain-lain menjadi ciri khas profesi ini. Bahkan kejadian buruk tidak hanya dialami oleh penumpang, tetapi juga oleh para pengemudi.
Driver Grab mungkin juga bertemu dengan penumpang yang kasar dan kemudian tidak tahu bagaimana melaporkan perilaku buruk penumpang Grab tersebut.
Pelanggan memang datang dengan karakter yang berbeda-beda, sebagai antisipasi, mitra Grab harus memahami secara detail bagaimana cara melaporkan penumpang Grab.
Bagaimana cara melaporkan penumpang Grab yang nakal? Berikut informasinya.
Daftar Isi
Tips menghadapi Penumpang Grab yang Tidak Sopan
Beberapa driver pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan saat mengangkut penumpang. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena Grab merupakan salah satu penyedia layanan transportasi online dengan permintaan yang tinggi dan setiap pelanggan memiliki karakteristik yang berbeda.
Ada pelanggan yang tidak pelit memberi bintang, ada bonus uang untuk perjalanan yang memuaskan dan lain sebagainya.
Namun tidak semua pelanggan berhati baik, karena banyak juga yang berperilaku tidak manusiawi, sehingga mitra Grab perlu mengetahui cara melaporkan penumpang yang tidak sopan.
Sebagai mitra Grab, Anda wajib memberikan layanan sebaik mungkin agar penumpang atau pelanggan merasa puas. Jika mereka merasa memiliki pengalaman yang baik dengan layanan Anda, bintang-bintang akan menjawabnya.
Namun, sebaik apapun pelayanan untuk menyelesaikan tugas, masih ada beberapa penumpang yang tidak bermoral. Untuk driver yang menghadapi hal ini, berikut adalah beberapa cara untuk melaporkan penumpang Grab yang tidak sopan atau tidak sopan.
1. Tetap bersikap Sopan dan Tenang
Jika penumpang kurang ajar, tetap sopan dan tenang. Anda mengabaikannya sebaik mungkin saat bertemu dengan penumpang yang berperilaku buruk. Anda juga harus menghindari konflik karena Anda sedang mengangkut kendaraan.
2. Arahkan ke Area yang Ramai
Jika penumpang mulai gaduh, kirim mereka ke tempat yang ramai sehingga banyak orang yang akan melihat Anda dan membantu Anda jika terjadi sesuatu.
Namun, Anda harus selalu ingat untuk selalu tetap tenang dalam segala keadaan dan keselamatan adalah hal yang paling utama. Jangan biarkan diri Anda menyusuri jalanan sepi dimana penumpang dengan motif jahat malah akan dengan mudah melakukan aksinya.
3. Turunkan Penumpang terlebih dahulu
Harap turunkan penumpang terlebih dahulu sebelum menghubungi layanan pelanggan Grab. Setelah menurunkan penumpang, Anda dapat melaporkan setiap kejadian yang mengganggu yang Anda alami akibat perilaku penumpang yang tidak pantas melalui fitur Ulasan Trip setelah perjalanan.
Baca Juga :
Cara Lapor Penumpang Grab yang Kasar, Kurang Ajar atau tidak Sopan
Grab selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan sehingga tidak hanya berpihak kepada penumpang, tetapi juga mitra Grab.
Berikut ini adalah tutorial Ulasan Trip mitra Grab yang masuk dalam poin-poin penting untuk melaporkan penumpang Grab yang kasar dan lain sebagainya.
- Pastikan mitra Grab menyelesaikan perjalanan, lalu masukkan jumlah pembayaran dan lanjutkan dengan menekan opsi konfirmasi.
- Setelah dikonfirmasi, Layar merah dan hijau dua nada muncul di layar aplikasi. Warna merah menandakan perjalanan kurang memuaskan dan warna hijau sebaliknya.
- Jika Anda mendapatkan penumpang Grab yang tidak sopan berarti Anda menekan merah, sejumlah opsi keluhan akan muncul di layar. Ada menu drop-down untuk keluhan perilaku penumpang. Misalnya, kedatangan terlambat, perilaku/bahasa kasar, mengubah tujuan akhir, penumpang meminta untuk mengirim paket, penumpang tidak mau membayar, tol tidak termasuk, dll.
- Pilih menu pengaduan berdasarkan apa yang anda alami, bagi penumpang yang kurang sopan dapat mengklik pilihan yang bertuliskan perilaku/bahasa yang kasar. Lalu akan ada kolom tempat Anda bisa menuliskan komentar apa saja. Jika Anda telah menulis komentar, tekan kirim.
Selain itu, mitra Grab juga dapat memberikan review perjalanan melalui ‘menu History’ yang disediakan di aplikasi GrabDriver.
Sifat setiap individu jelas berbeda karena tidak semua orang berperilaku baik. Oleh karena itu, Grab telah menyediakan layanan yang juga bermanfaat bagi berfungsinya layanan mitra Grab dengan baik.
Baca Juga : Cara Melihat Rating Bintang Driver Grab
Semoga informasi cara lapor penumpang Grab di atas menjawab pertanyaan Anda bagi para driver yang mengalami pengalaman tidak menyenangkan, sekaligus sebagai bahan persiapan Anda yang tidak ingin mengalaminya.