Cara Menaikan Rating Gojek – Rating dan performa merupakan dua hal yang paling penting untuk diperhatikan oleh para driver.
Rating adalah penilaian rata-rata konsumen berupa bintang ketika menggunakan jasa ojek online, sedangkan Performance adalah persentase yang menunjukkan kinerja pengemudi baik atau buruk, dihitung dari jumlah pesanan yang berhasil diselesaikan dibagi jumlah pesanan dikalikan 100%.
Rating dan performa sangat mempengaruhi penerimaan/pesanan yang masuk (apakah akun Gojek gacor atau tidak). Pengemudi dengan rating dan kinerja rendah akan menerima pesanan lebih sedikit daripada pengemudi dengan rating kinerja yang tinggi.
Bahkan ulasan buruk yang berulang kali menyebabkan penangguhan hingga pemutusan mitra.
Sedangkan kinerja yang kurang baik atau dibawah standar minimal PT Gojek Indonesia akan mengakibatkan driver tidak dapat menerima insentif dari perusahaan meskipun poin target telah tercapai.
Singkatnya, akan berdampak pada PENDAPATAN…
Untuk itu, sebagai seorang driver ojek online yang telah menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan utama dan satu-satunya, wajib dan perlu untuk mengetahui tips dan trik untuk meningkatkan rating dan kinerja atau setidaknya mempertahankan rating dan kinerja yang baik.
Cara cepat meningkatkan rating dan performa Gojek driver memang tidak mudah dan langsung. Semua ada prosesnya dan butuh kesabaran dan konsistensi.
Tak sama dengan cara nuyul yang akhir-akhir ini menjadi sorotan Gojek dan Grab. Nah berikut beberapa tips cara menaikan rating Gojek driver agar pesanan masuk lancar dan lebih GACOR:
Daftar Isi
- Cara Menaikan Rating Gojek Driver dan Performa
- 1. Lakukan Pekerjaan dengan Sepenuh Hati
- 2. Perbanyak Pesanan Sebanyak-banyaknya
- 3. Jangan Pernah Menolak Pesanan
- 4. Selalu Minta Pelanggan Untuk Memberikan 5 bintang
- 5. Ikuti Kode Etik Gojek
- 6. Jujur Dalam Melakukan Pekerjaan
- 7. Mengontrol Emosi dan Sikap Terhadap Pelanggan
- 8. Mematikan Aplikasi Saat Anda Mengerjakan Sesuatu
- 9. Pastikan Kendaraan Dalam Kondisi Prima dan Periksa Kendaraan Secara Berkala
- 10. Pastikan Pulsa Anda Mencukupi
- 11. Pastikan Google Map Diperbarui ke Versi Terbaru
- 12. Selalu Berterima Kasih Kepada Pelanggan Sebelum Pelanggan Mengatakannya
- 13. Tingkatkan Jam Tayang Onbid Anda
- 14. Pergi ke Tempat-Tempat Ramai Seperti Mall dan Supermarket
- 15. Pahami Waktu Kedatangan Kereta
- 16. Gunakan Atribut Lengkap dan Pakaian yang Sopan
- 17. Jangan Membuat Penumpang Menunggu Lama
- 18. Lokasi Penjemputan dan Pengantaran yang Tepat
- 19. Gunakan Kendaraan Berkualitas
- 20. Membawa Kendaraan Dengan Aman
- 21. Sediakan Perlengkapan Penumpang yang Bersih
- 22. Membantu Penumpang
- 23. Komunikasi yang Baik Dengan Penumpang
Cara Menaikan Rating Gojek Driver dan Performa
1. Lakukan Pekerjaan dengan Sepenuh Hati
Setiap pekerjaan harus dilakukan dengan sepenuh hati. Pekerjaan yang dilakukan dengan sepenuh hati ini akan menghasilkan sikap hati-hati dan menempatkan sesuatu pada posisi terbaik.
Kerja asal-asalan akan membuahkan hasil yang setengah-setengah dan terlihat tidak tulus, meski dibungkus dengan kata-kata manis. Persiapkan hati dan pikiran yang tulus untuk melayani pelanggan Anda.
2. Perbanyak Pesanan Sebanyak-banyaknya
Pemrosesan pesanan yang lebih baik dapat meningkatkan rating dan kinerja akun pengemudi. Jika sering mendapatkan rating kecil, tingkatkan rating dengan menyelesaikan orderan sebanyak mungkin agar rating kecil dihilangkan dan ditutup dengan rating baik dan tinggi.
3. Jangan Pernah Menolak Pesanan
Menolak pesanan dapat mempengaruhi kinerja akun Anda. Semakin tinggi jumlah pesanan yang ditolak, semakin rendah tingkat kinerjanya, karena kinerja dihitung berdasarkan (jumlah pesanan yang diselesaikan – jumlah pesanan yang ditolak) dibagi total dikalikan 100%.
Server akan memberikan perintah kepada driver dengan kinerja yang lebih tinggi karena mereka seharusnya bekerja dengan serius dan tidak mengecewakan pelanggan.
4. Selalu Minta Pelanggan Untuk Memberikan 5 bintang
Sangat penting bagi pengemudi untuk sesekali mengingatkan pelanggan untuk memberikan rating tinggi atau rating 5.
Terkadang ada pelanggan yang lupa memberikan rating driver saat memesan jasa atau bahkan tidak mengetahui apa fungsi dari rating bintang di aplikasi.
Didik bahwa penilaian bintang 5 atau tinggi kepada pelanggan menunjukkan bahwa pelanggan puas dengan layanan yang telah digunakan.
5. Ikuti Kode Etik Gojek
Gojek telah menetapkan prosedur berkendara standar untuk memandu pengemudi. Mulai dari tata cara berkendara hingga cara memberikan kesan positif kepada pelanggan.
Pengemudi tidak perlu memikirkan solusi untuk memenuhi pesanan dengan benar, semuanya sudah lengkap.
6. Jujur Dalam Melakukan Pekerjaan
Dalam dunia kerja apapun, jujur adalah kunci kesuksesan, sedangkan curang atau berbohong adalah kunci kegagalan. Bekerjalah dengan jujur, meskipun kemungkinan untuk berbuat curang selalu ada di setiap kesempatan.
Tidak sedikit driver yang melakukan kecurangan namun tidak untuk ditiru, seperti memanipulasi tagihan Gofood, menaikkan tarif sesuka hati, tidak mengikuti aturan perusahaan, sehingga merusak reputasi driver ojek online.
Ingatlah bahwa terkadang pelanggan lebih jeli daripada pengemudi karena pelanggan sering membeli makanan, jika ternyata catatan atau penjelasan Anda tidak sama dengan pengemudi lain yang telah bekerja dengan jujur, maka pengemudi yang tidak jujur ini akhirnya akan mendapatkan rating dan komentar buruk.
7. Mengontrol Emosi dan Sikap Terhadap Pelanggan
Apapun kondisi pelanggan, Anda harus bisa mengendalikan sikap dan emosi, karena pelanggan Anda berasal dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua dan pelanggan Anda juga memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda.
Cobalah untuk menjaga emosi dan sikap Anda, bahkan jika Anda mendapatkan klien yang Anda anggap menjengkelkan.
8. Mematikan Aplikasi Saat Anda Mengerjakan Sesuatu
Selalu matikan aplikasi Gojek driver saat melakukan pekerjaan lain seperti sholat, makan atau pekerjaan lainnya.
Sangat penting saat melakukan pekerjaan ini untuk mematikan aplikasi, karena jika ada pesanan yang masuk ke ponsel Anda, Anda mungkin akan terburu-buru atau bahkan akan lambat dalam menjemput pelanggan.
9. Pastikan Kendaraan Dalam Kondisi Prima dan Periksa Kendaraan Secara Berkala
Pengecekan kendaraan merupakan kewajiban bagi driver online karena kendaraan tidak sesering mungkin dikemudikan
10. Pastikan Pulsa Anda Mencukupi
Pulsa sangat penting bagi driver ojek online karena untuk kebutuhan dalam menghubungi pelanggan.
Ada beberapa pelanggan yang ingin dihubungi melalui chat dan ada juga pelanggan yang tidak ingin dihubungi melalui chat, dengan kata lain lebih memilih dihubungi melalui suara.
11. Pastikan Google Map Diperbarui ke Versi Terbaru
Gojek menggunakan Google Map sebagai navigasi, Anda perlu memperbarui Google Map ke versi terbaru untuk mengetahui posisi pelanggan saat menerima pesanan.
Google Map yang diperbarui dapat membantu pengemudi menemukan lokasi penjemputan dan pengantaran pelanggan dengan lebih cepat dan akurat.
12. Selalu Berterima Kasih Kepada Pelanggan Sebelum Pelanggan Mengatakannya
Padahal pelanggan yang menggunakan jasa ojek online kita dan seharusnya mereka yang berterima kasih atas pengantarannya, namun tidak ada salahnya mengatakan itu dulu.
Mengucapkan terima kasih terlebih dahulu menunjukkan bahwa Anda adalah pengemudi yang ramah.
13. Tingkatkan Jam Tayang Onbid Anda
Semakin banyak Anda menambahkan jam siaran onbid, semakin banyak Anda akan mendapatkan pesanan sebanyak mungkin, sehingga rating akun Anda akan meningkat seiring dengan banyak pesanan yang masuk.
14. Pergi ke Tempat-Tempat Ramai Seperti Mall dan Supermarket
Di kawasan ini memiliki banyak orang berbelanja atau hanya sekedar untuk berjalan-jalan.
Selain itu Didaerah ini biasanya banyak Goride dan Gofood karena masyarakat malas membawa kendaraan sendiri karena tempat parkir yang sangat ramai dan di kawasan ini banyak terdapat warung Gofood sehingga menjadi pusat sentra Gofood yang paling ramai dan tersibuk.
15. Pahami Waktu Kedatangan Kereta
Sebagai pengemudi, Anda perlu memahami kapan harus aktif dan kapan harus mangkal. Jika sudah waktunya kereta tiba, sebaiknya Anda langsung datang untuk mengambil pesanan.
Jika tidak langsung naik kereta dan pasif maka order tidak akan datang, sehingga rating tidak akan naik secepat mungkin dan pada akhirnya akan mendapatkan order bagi yang aktif dan sudah memiliki kinerja dan rating terbaik di wilayah Anda..
16. Gunakan Atribut Lengkap dan Pakaian yang Sopan
Saat Anda bergabung menjadi mitra GO-JEK driver, Anda akan mendapatkan atribut mulai dari helm dan jaket GO-JEK. Meski memang ada beberapa driver yang ragu untuk membeli, keberadaan dari atribut ini rupanya sangat penting untuk menaikkan rating Gojek.
Mengapa demikian? Karena dengan memakai atribut seperti helm dan jaket, menjadi bukti bahwa kalian adalah partner resmi.
Dengan begitu calon pelanggan pasti akan merasa percaya diri dengan penampilan Anda yang berseragam GO-JEK dan lebih aman untuk melakukan pemesanan.
Karena memang ada konsumen yang memilih membatalkan pesanan hanya karena driver tidak menggunakan atribut secara lengkap.
Lengkapi dengan pakaian yang sopan agar konsumen lebih puas dan mau memberikan rating yang baik untuk pelayanan Anda.
Baca Juga :
17. Jangan Membuat Penumpang Menunggu Lama
Ketika Anda menerima pesanan, segera tanggapi dengan menerima dan menghubungi konsumen. Setelah itu, jadilah pengemudi yang terampil dengan menjemput penumpang secepat mungkin karena ini adalah Cara Menaikan Rating Gojek.
Jangan biarkan penumpang menunggu terlalu lama, karena mereka bisa kecewa dan membatalkan pesanannya.
Jika konsumen terlalu sering membatalkan pesanan, Anda akan mendapat rating buruk. Tinjauan yang buruk akan menyebabkan kinerja Anda tidak mencapai target dan pada akhirnya menghasilkan pendapatan yang tidak memuaskan.
18. Lokasi Penjemputan dan Pengantaran yang Tepat
Sementara memang semua lokasi penjemputan dan penurunan penumpang bisa dilihat langsung di aplikasi, ada baiknya jika Anda memahami daerah tersebut.
Dengan adanya internet, jalur menuju suatu tempat memang dapat dilacak melalui GPS, namun driver yang memahami daerah tersebut secara real akan menambah kepercayaan konsumen.
Dengan mengetahui lokasi penjemputan yang tepat, Anda bisa memperkirakan perkiraan waktu kedatangan agar konsumen tidak kecewa.
Meski sederhana, hal ini bisa meningkatkan rating Anda di Gojek, sehingga berdampak pada performa Anda sebagai mitra driver.
19. Gunakan Kendaraan Berkualitas
Saat mendaftar menjadi mitra driver GO-JEK untuk kendaraan motor, biasanya perusahaan transportasi online berstatus Decacorn itu memberikan syarat usia maksimal sepeda motor 10 tahun.
Di mana jika Anda mendaftar sebagai calon pengendara pada tahun 2021, usia maksimal sepeda adalah tahun 2010.
Mengapa demikian? Karena motor tua cenderung memiliki performa yang kurang memuaskan.
Dengan kendaraan yang berkualitas, konsumen juga akan menikmati perjalanan yang nyaman. Selain itu, motor baru atau motor lama yang selalu dirawat membuat perjalanan Anda aman.
Lengkapi juga motornya dengan beberapa kaca spion, lampu yang menyala serta kemampuan mengerem dan berakselerasi yang mumpuni. Kualitas sepeda motor secara signifikan dapat meningkatkan rating driver di Gojek.
20. Membawa Kendaraan Dengan Aman
Kemampuan mengemudikan kendaraan di jalan raya menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan rating Gojek.
Mengendarai kendaraan secara ugal-ugalan dan melanggar peraturan lalu lintas jelas dapat membuat penumpang mudah tersinggung dan emosional, yang pada akhirnya akan membuat mereka mendapat rating buruk.
Selain itu, mengemudi sembrono dapat membahayakan Anda dan penumpang
21. Sediakan Perlengkapan Penumpang yang Bersih
Cara lain untuk meningkatkan rating Gojek sebagai mitra pengemudi profesional adalah dengan memberikan kelengkapan kepada penumpang.
Mulai dari helm hingga masker, misalnya. Namun bukan hanya soal penyajian, perlengkapan penumpang juga harus dalam kondisi baik.
Sehingga penumpang merasa diprioritaskan dan bersedia memberikan penilaian yang baik terhadap pelayanan Anda.
22. Membantu Penumpang
Hal selanjutnya yang sangat sederhana dan cara mudah menaikkan rating gojek adalah memberikan bantuan kepada penumpang.
Misalnya, jika pelanggan memesan GO-RIDE dan membawa banyak belanjaan, Anda membantu mengatur dan meletakkan belanjaan dengan aman di dekat kaki mereka.
Hal sederhana seperti inilah yang justru akan membuat konsumen merasa puas dan senang.
23. Komunikasi yang Baik Dengan Penumpang
Begitu menerima pesanan, segera jalin komunikasi yang baik dan profesional dengan konsumen.
Berikan informasi jika Anda sudah berada di lokasi penjemputan, sudah mengambil pesanan GO-FOOD atau mungkin sedang terjebak macet.
Komunikasi ini bisa Anda lakukan secara profesional melalui fitur chat yang ada di aplikasi dan melakukannya dengan baik.
Baca Juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Gojek
Wah ternyata banyak Cara Menaikan Rating Gojek ya? Melihat ulasan di atas, sebenarnya tidak sulit bagi seorang ojol untuk mendapatkan rating yang bagus.
Jika Anda melakukannya dengan benar dan teratur, bukan tidak mungkin semua konsumen akan puas dan pada akhirnya Anda akan mendapatkan rating yang istimewa.
Rating yang sesuai target akan memberi Anda komisi tambahan, meningkatkan penghasilan Anda.