Tentu kita bingung ketika ada masalah dengan driver Grab, baik driver Grabbike maupun driver Grabcar, misalnya barang hilang atau masalah terkait pembayaran. Hal pertama yang dipikirkan banyak orang adalah bagaimana cara mengetahui nomor driver Grab kemudian menghubunginya.
Kita tahu bahwa Grab selalu meningkatkan kualitas layanan mereka akhir-akhir ini, terutama terkait dengan privasi para mitranya. Jika ya, bisakah kami melihat nomor Driver Grab dan menghubunginya? Jika tidak, apa solusi alternatifnya?
Daftar Isi
Aplikasi GrabChat tidak berfungsi setelah Orderan selesai
Aplikasi Grabchat dikembangkan oleh Grab untuk mengatasi permasalahan yang ada pada sistem sebelumnya. Fitur-fitur dalam aplikasi Grabchat juga terus diperbarui, baik UI maupun user experience untuk memudahkan penumpang.
Selain melindungi privasi penumpang dan pengemudi, aplikasi Grabchat memiliki beberapa keunggulan, antara lain:
- Aplikasi hanya membutuhkan paket data internet dan tidak mengambil pulsa sama sekali.
- Privasi terjaga karena semua percakapan hilang saat perjalanan selesai.
- Untuk update terbaru, kami dapat mengirimkan gambar atau voice chat untuk memberikan pesan yang lebih jelas.
Ketika Driver telah menyelesaikan pekerjaan di aplikasi, urusannya dengan penumpang berakhir. Namun kami sering melihat bahwa penumpang ingin dapat menghubungi driver lagi karena hal-hal tertentu, seperti barang yang hilang (berlaku untuk Grabcar) atau kelebihan (untuk Grabbike).
Bagaimana Cara Mengetahui Nomor Driver Grab?
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Grab kini lebih ketat dalam menegakkan privasi pengemudi dan penumpang, termasuk nomor ponsel pengemudi. Oleh karena itu, tidak ada cara langsung untuk menghubungi driver jika ada masalah.
Pertanyaan, apakah ada cara lain, cara alternatif yang bisa dilakukan? Tentu saja, dan inilah yang akan dibahas dalam artikel ini.
Alternatif: Cara Terhubung ke driver Grab jika ada Masalah
Mari kita buat dua skenario yang paling sering terjadi, yaitu penumpang yang menitipkan barangnya di kereta Grab dan penumpang yang membayar tarif lebih tinggi dari yang ditentukan.
Ketika pengemudi selesai dengan pekerjaannya, Aplikasi dari Percakapan tentu saja ditutup dan mereka tidak dapat lagi menghubungi satu sama lain. Lalu apa yang bisa dilakukan penumpang untuk menghubungi driver jika, misalnya, ada sesuatu yang tertinggal di dalam mobil atau jika ada masalah lain?
Yang terjadi, banyak orang yang saking paniknya langsung menghubungi customer service untuk menanyakan nomor telepon driver. Sebenarnya caranya sederhana dan sudah diberikan tata cara dalam user experience dari aplikasi grab itu sendiri.
Pertama-tama, kita perlu mengetahui dengan pasti apakah riwayat perjalanan kita sudah melewati 72 jam atau belum. Jika belum lewat 72 jam, kita bisa melihat nomor driver di history aktivitas.
Baca Juga : Cara Mencari Titik Spot GrabBike
Cara melihat Nomor Ponsel Driver Grab sebelum 72 jam
- Anda dapat kembali ke aplikasi Grab Anda.
- Kemudian pilih aktivitas dan klik history/riwayat perjalanan di pojok kanan atas layar.
- Pilih transportasi terakhir yang ingin Anda lihat driver dan nomornya.
- Setelah itu, Anda akan melihat profil pengemudi beserta nomor kendaraannya.
- Klik tombol ikon telepon di profil driver. Ilustrasinya dapat dilihat sebagai berikut:
Cara mengetahui Nomor Driver setelah 72 jam
Apa yang harus kita lakukan jika kita tidak dapat melihat profil driver karena sudah 72 jam?
Mudah. Kami hanya tinggal melaporkan keluhan ke customer service, yang akan diproses lebih lanjut dan dilaporkan kembali kepada kami. Berikut adalah contoh ilustrasi pesanan yang telah melewati 72 jam dan profil driver serta nomor telepon tidak dapat dilihat:
Lalu apa langkah selanjutnya? caranya sama seperti ketika kita ingin mencari profil driver melalui history aktivitas. Setelah Anda menemukan halaman seperti gambar di atas, scroll ke bawah untuk memilih apa yang kami keluhkan dan apa yang ingin kami sampaikan ke customer service. Untuk skenario ini, kami memilih “Saya meninggalkan item saya”.
Setelah itu kita cari tombol help service yang sudah disediakan. Seperti yang diilustrasikan di bawah ini, Anda harus memberikan deskripsi selengkap mungkin tentang item yang tertinggal dan melengkapi bidang email yang akan Anda beri tahu nanti.
Laporan ke customer service ini nantinya akan diteruskan ke driver yang bersangkutan. Dalam hal ini pihak Grab sendiri tidak menjamin barang yang tertinggal pasti akan dikembalikan, namun mereka tetap melakukan yang terbaik untuk kepentingan para penumpang.
Baca Juga : Solusi Jika Barang Tertinggal di Grab
Untuk mempercepat proses pelaporan, Anda dapat membuka kembali halaman Help Center dan akan muncul tombol Chat Us seperti gambar di bawah ini.
Untuk skenario kedua, penumpang membayar lebih dari tarif yang ditentukan. Tata cara pengajuan komplain kurang lebih sama dengan yang sudah kita bahas sebelumnya, bedanya pengisian di deskripsi dan penambahan screenshoot history order. Berikut ilustrasinya:
Yang tertera di sini, jangan lupa untuk mengisi komplain yang Anda sampaikan dengan lengkap, agar penanganannya bisa berjalan lancar. Setelah itu, status laporan yang kami sampaikan harus selalu kami cek. Contohnya ada pada gambar di bawah ini:
Selain itu, ada beberapa tips cepat bagi pelanggan untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat menggunakan aplikasi. Tips ini juga sangat berguna untuk menyelesaikan keluhan seperti yang sudah kita bahas sebelumnya.
- Verifikasi email. Setiap pelanggan wajib melakukan verifikasi email untuk menghindari tindakan yang mengatasnamakan pihak yang tidak bertanggung jawab yang melanggar privasi kami.
- Rajin-rajinlah mengupdate aplikasi. Sekilas, mengupdate aplikasi mungkin tampak seperti hal yang sepele bagi kita. Namun, ada beberapa masalah yang solusinya cukup dengan memperbarui aplikasi. Misalnya, jika saldo Ovo kita tidak bertambah saat mengisi driver, sebenarnya kita hanya perlu mengupdate aplikasi.
- Buka dan jelajahi pusat bantuan (help center) melalui aplikasi agar kita mendapatkan pengalaman pribadi secara langsung.
Bagaimana? Bukankah itu cara yang mudah untuk menghubungi dan cara mengetahui Nomor Driver Grab? Semoga artikel ini dapat membantu dan melengkapi referensi kami tentang cara melaporkan keluhan dengan praktik yang baik. Terima kasih!
Saya lupa akun grad driver nomor dan email
untuk solusinya bisa datang langsung ke kantor cek alamat GDC Grab terdekat dengan membawa KTP dan Kendaran yang di daftarkan