Bagi pemilik restoran yang menjadi mitra GrabFood, akan lebih mudah mengelola pesanan dan menawarkan diskon ketika menggunakan aplikasi GrabFood Merchant.
Aplikasi ini dapat ditemukan di PlayStore dan di bawah ini adalah petunjuk cara menggunakan Aplikasi GrabFood Merchant.
Daftar Isi
- Cara menggunakan aplikasi GrabFood Merchant lengkap dengan Gambar
- 1. Cara menerima Pesanan yang Masuk
- 2. Cara mengatur Telepon Pengingat Otomatis
- 3. Lacak Posisi Mitra Driver Grab
- 4. Cara mengatasi Kendala dalam Pesanan GrabFood
- 5. Menyerahkan Pesanan kepada Driver
- 6. Cara Merubah Ketersediaan Menu
- 7. Cara Memperbarui Jam Buka
- 8. Cara melihat Riwayat Pesanan Harian
- 9. Cara Memperbarui Menu Restoran
- 10. Cara membuat Kategori Menu Baru
- 11. Cara mengedit Kategori yang Sudah Ada
- 12. Cara Menghapus Kategori Menu
- 13. Cara Membuat Menu Baru
- 14. Cara mengupdate Menu yang telah dibuat
- 15. Cara menghapus Menu yang sudah dibuat
- 16. Cara Merubah Daftar Harga Grabfood
Cara menggunakan aplikasi GrabFood Merchant lengkap dengan Gambar
Jika restoran Anda ingin mengelola pesanan makanan dan minuman dengan lebih cepat, Anda bisa memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi ini.
Instruksi pengelolaan pesanan memudahkan Anda menerima pesanan yang masuk dan menangani semua kesulitan saat pengelolaan pesanan.
Selain mempercepat pesanan pelanggan, mengelola pesanan yang baik juga akan meningkatkan rating restoran Anda. Berikut cara menggunakan aplikasi GrabFood Merchant untuk menerima pesanan.
1. Cara menerima Pesanan yang Masuk
Cara menggunakan Aplikasi GrabFood Merchant untuk mengelola pesanan ini tidak hanya memastikan driver Grab, tetapi juga mencegah pesanan dibatalkan secara sepihak oleh pengelola Grab.
Hal ini dikarenakan ada aturan yang menyebutkan jika pesanan diabaikan dalam waktu 5 menit, maka pesanan akan dibatalkan.
Maka dari itu Berikut cara untuk mengelola pesanan dalam aplikasi, langkah-langkahnya adalah:
- Buka aplikasi GrabFood Merchant dan klik menu ‘Pesan’
- Untuk melihat pesanan baru, klik submenu “Baru” dan lihat detail pesanan
- Jika Anda menerima pesanan yang masuk, klik ‘terima pesanan & mulai mempersiapkan’
- Ketika Anda mengklik untuk menerima pesanan, statusnya berubah menjadi ‘sedang mempersiapkan’
2. Cara mengatur Telepon Pengingat Otomatis
Jika tidak ingin terlalu ribet saat membuka aplikasi GrabFood Merchant, Anda bisa mengatur panggilan reminder dari driver Grab. Sehingga driver Grab bisa menghubungi Anda kapan saja jika ada pesanan.
Fitur ini mencegah Anda melewatkan pesanan yang masuk. Berikut cara menggunakan aplikasi GrabFood Merchant untuk menyetel pengingat Panggilan.
- Untuk mengaktifkan pengingat telepon otomatis, klik menu tiga baris dan klik “Pengingat telepon otomatis” untuk mengaktifkan.
- Masukkan nomor telepon yang diinginkan untuk dihubungi
- Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan fitur “remind me if you don’t pick up” sebagai pengingat kedua agar tidak ketinggalan pesanan.
3. Lacak Posisi Mitra Driver Grab
Saat Anda menerima pesanan yang masuk dan mulai memasak, seorang pengemudi Grab akan berada di dekat Anda untuk mengambil pesanan di restoran Anda.
Selain itu, untuk amannya, ada cara menggunakan aplikasi GrabFood Merchant untuk melacak Driver Grab yang akan mengantarkan pesanan.
Hal ini untuk memastikan hidangan yang akan diantarkan tetap segar di tangan pelanggan.
- Buka aplikasi GrabFood Merchant dan klik pesanan yang ingin Anda lacak posisi drivernya.
- Klik ‘lokasi’ untuk mengetahui posisi pengemudi Grab
- Untuk menghubungi pengemudi secara langsung, klik ‘panggilan’.
4. Cara mengatasi Kendala dalam Pesanan GrabFood
Anda bisa langsung konfirmasi ke customer apakah pesanan sudah masuk dan apakah stok pesanan sudah habis. Hal ini mencegah reaksi negatif pelanggan yang merusak citra baik restoran Anda terhadap layanan GrabFood.
- Buka aplikasi GrabFood Merchant dan klik menu ‘Pesan’
- Klik order yang dibatasi karena kehabisan stok
- Klik ikon ‘telepon’ di bawah detail pesanan untuk menghubungi pelanggan.
- Klik ikon titik tiga di pojok kiri atas untuk menghubungi Grab.
5. Menyerahkan Pesanan kepada Driver
Agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan pemesanan, ada baiknya Anda melihat kembali detail pesanan beserta komentar driver Grab.
Persiapkan juga kemasan makanan yang rapi dan tidak tumpah. Selain untuk menghindari kesalahan pesanan kepada pelanggan, hal ini juga untuk menjamin kepuasan pelanggan terhadap pesanan yang diterima.
- Periksa pesanan yang akan diserahkan kepada pengemudi Grab.
- Untuk memastikan pesanan sudah diterima oleh pelanggan, konfirmasikan nomor pesanan (order ID number) kepada pengemudi Grab yang bertugas mengantarkan.
6. Cara Merubah Ketersediaan Menu
Jika ada menu yang stoknya habis, Anda dapat menginformasikan kepada pelanggan sebelum pelanggan memilih menu yang tidak tersedia. Hal ini untuk mencegah masalah pesanan, sehingga semua pesanan yang masuk bisa diproses.
- Buka aplikasi GrabFood Merchant dan klik ‘Menu’ untuk melihat menu lengkap di aplikasi
- Pilih item menu yang ingin Anda perbarui.
- Anda dapat mengubahnya menjadi ‘Tersedia’, ‘Tidak Tersedia’ atau ‘Sampai Tersedia Kembali’.
7. Cara Memperbarui Jam Buka
Ada kalanya pada waktu-waktu tertentu seperti bulan Ramadan, libur nasional atau tidak menerima pesanan GrabFood perlu Anda informasikan kepada pelanggan.
Hal ini untuk mencegah pesanan masuk sehingga Anda tidak perlu melakukan konfirmasi ke pelanggan bahwa restoran tutup.
- Klik tombol menu atau simbol tiga garis di aplikasi GrabFood Merchant
- Pilih menu ‘Jam Operasional’
- Klik ‘Ubah’ untuk mengubah jam buka restoran
- Untuk mengubah waktu buka klik ‘Buka’ dan untuk mengubah waktu tutup klik ‘Tutup’
Tetapkan jam buka dan klik ‘Selesai’
8. Cara melihat Riwayat Pesanan Harian
Jika Anda ingin melihat laporan pesanan dari 30 hari terakhir, Anda dapat melihatnya di menu laporan pesanan harian. Ini bisa menjadi informasi bagi Anda untuk mengetahui menu apa saja yang paling laris di restoran Anda.
Jika Anda memerlukan pembaruan akun, seperti detail rekening bank atau alamat email, Anda dapat mengonfirmasi dengan Grab.
- Buka aplikasi GrabFood Merchant dan klik ikon ‘Laporkan’ di bagian bawah layar.
- Klik pada tanggal yang ingin Anda lihat dan riwayat pesanan akan ditampilkan bersama dengan total turnover pada hari itu.
9. Cara Memperbarui Menu Restoran
Anda dapat memperbarui dan mengubah ketersediaan menu menggunakan fitur yang tersedia di aplikasi GrabFood Merchant. Hal ini memudahkan Anda, sehingga tidak perlu melakukan konfirmasi ketersediaan menu di restoran kepada pelanggan.
- Untuk melihat kategori menu, pilih ‘Menu’ di bagian bawah layar.
- Anda dapat mengubah menu dengan mengklik ‘Kelola menu’
- Klik ‘Ubah’ untuk memperbarui menu yang tersedia di restoran
10. Cara membuat Kategori Menu Baru
Buat kategori menu, Anda dapat memodifikasi menu yang ada untuk membuat kategori baru. Cara ini memudahkan pelanggan, terutama jika Anda menawarkan penawaran dan membuat kategori khusus.
- Buka aplikasi GrabFood Merchant dan klik ‘Set Menu’
- Klik ‘Tambahkan menu atau kategori’ untuk menambahkan kategori baru
- Ketik nama kategori baru
- Pilih menu yang sudah ada di daftar menu yang dibuat
- Klik ‘Buat Kategori’ untuk mengonfirmasi kategori baru
- Jika kategori baru telah dibuat, ‘Anda telah menambahkan kategori baru’ akan muncul
11. Cara mengedit Kategori yang Sudah Ada
Selain membuat kategori baru, Anda juga dapat mengedit kategori yang dibuat. Anda tidak dapat mengubah hanya menu yang kategorinya telah didaftarkan sebelumnya.
- Buka aplikasi GrabFood Merchant dan klik ‘Set Menu’
- Klik ‘Ubah’ untuk mengubah kategori
- Ubah nama kategori yang ingin Anda ubah dan klik ‘Simpan perubahan’
- Setelah selesai, pesan “Detail kategori telah diperbarui” akan muncul
12. Cara Menghapus Kategori Menu
Anda dapat menghapus kategori menu jika kategori yang Anda buat sudah tidak relevan lagi dengan restoran Anda. Bahkan jika Anda menghapus kategori menu, Anda masih dapat mengubah menu dan ketersediaannya.
- Buka aplikasi GrabFood Merchant dan klik ‘Set Menu’
- Klik “Edit” di bagian bawah menu yang ingin Anda hapus kategorinya
- Klik ‘Hapus kategori’ untuk menghapus kategori menu yang dipilih
- Setelah selesai, klik ‘Klik Hapus kategori dan menu Semua’
13. Cara Membuat Menu Baru
Bagi Anda yang ingin menambahkan menu baru pada layanan GrabFood, Anda dapat membuat menu baru dengan melengkapinya dengan foto pendukung.
Tidak ada foto pendukung untuk penambahan menu baru, sehingga penambahan menu baru tidak dapat dilanjutkan. Buka aplikasi GrabFood Merchant dan klik ‘Set Menu’
- Klik ‘Tambah menu atau kategori’ untuk menambahkan menu baru
- Lengkapi semua detail menu, termasuk nama menu, harga menu, dan kategori menu.
- Tambahkan juga foto menu untuk melanjutkan proses selanjutnya
- Klik ‘View menu’ untuk menampilkan menu yang akan ditampilkan kepada pelanggan.
- Klik ‘Berikutnya’ dan tambahkan foto pendukung menu dari daftar menu restoran dan klik ‘Unggah foto dan buat menu’
- Setelah selesai, Anda akan mendapatkan pesan “Anda telah menambahkan menu baru”.
14. Cara mengupdate Menu yang telah dibuat
Memperbarui menu yang telah dibuat pada dasarnya memiliki langkah yang sama seperti membuat menu baru. Selain itu, pastikan untuk selalu mengunggah foto menu agar proses selanjutnya dapat dilakukan.
- Buka aplikasi GrabFood Merchant dan klik ‘Set Menu’
- Klik pada menu yang akan diperbarui dan tampilan detail menu akan muncul di layar
- Klik ‘Periksa’ untuk mengubahnya
- Klik ‘Selanjutnya’ dan tambahkan foto dari daftar menu untuk verifikasi
- Setelah mengunggah foto, klik ‘Unggah foto dan buat menu’
- Setelah semua proses selesai, muncul pesan “Anda telah menambahkan menu baru”.
15. Cara menghapus Menu yang sudah dibuat
Jika restoran Anda tidak lagi menawarkan menu tertentu yang terdaftar di aplikasi GrabFood Mercat, Anda dapat menghapus menu tersebut.
Penghapusan menu hanya bersifat permanen dan Anda tidak dapat membatalkan penghapusan menu setelah proses penghapusan selesai.
- Buka aplikasi GrabFood Merchant dan klik ‘Set Menu’
- Pilih menu yang ingin Anda hapus dan klik ‘Hapus menu’ di bagian bawah layar
- Silakan periksa lagi dengan detail dan konfirmasi. Untuk menghapus secara permanen, klik ‘hapus’.
- Setelah proses selesai, pesan ‘Menu telah dihapus’ akan muncul.
16. Cara Merubah Daftar Harga Grabfood
Ada kalanya bahan baku naik sehingga anda mengharuskan untuk merubah harga menu bagi Anda yang memiliki restoran dan ingin bermitra dengan GrabFood, berikut Cara merubah daftar harga di GrabFood Merchant
Terapkan cara menggunakan aplikasi GrabFood Merchant di atas. Karena akan menjadi lebih mudah bagi Anda untuk mengelola pesanan dan mengelola restoran yang didaftarkan oleh Grab.
Jika Anda kesulitan mengelola akun GrabFood Anda, silakan Hubungi Call Center Grab untuk informasi lebih lanjut.