Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan – Strategi pemasaran memiliki tujuan yang berbeda-beda, ada yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran merek, menarik pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Menarik pelanggan baru memang penting untuk meningkatkan penjualan, namun jangan sampai bisnis Anda mengabaikan pelanggan setia.
Menurut forbes.com, produk 14 kali lebih mungkin dijual kepada pelanggan setia daripada pelanggan baru. Selain itu, pelanggan setia 50% lebih mungkin mencoba produk baru dan 31% lebih mungkin berbelanja daripada pelanggan baru.
Karena pelanggan setia penting untuk bisnis jangka panjang, berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan!
Daftar Isi
1. Menjaga dan meningkatkan kualitas produk
Menjaga kualitas produk dan layanan juga berarti menjaga loyalitas dan kepercayaan pelanggan. Jika kualitas produk atau jasa menurun tentu akan mengecewakan pelanggan dan membuat nilai produk dipertanyakan.
Menurut business.com, sebuah bisnis tidak akan berhasil jika tidak mendapatkan kepercayaan pelanggan. Salah satu cara untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan adalah dengan menjaga dan terus meningkatkan kualitas produk dan layanan yang Anda tawarkan.
2. Buat program Loyalitas Pelanggan
Menurut forbes.com, program loyalitas pelanggan adalah strategi ampuh untuk membuat pelanggan mengulangi pembelian. Jika bisnis Anda baru memulai dengan program ini, pastikan untuk membuatnya unik dan kreatif karena program ini berdampak besar pada pelanggan.
Berdasarkan Bond Brand Loyalty Report 2018, 77% pelanggan akan setia pada merek dengan program loyalitas pelanggan, 70% pelanggan akan merekomendasikan merek dengan program loyalitas yang baik, dan 63% akan mengubah kebiasaan belanja mereka untuk meningkatkan memaksimalkan manfaat dari program loyalitas.
3. Pelayanan yang baik
Selain menarik pelanggan baru, pelayanan yang baik juga menjamin loyalitas pelanggan. Dilansir dari ameritainsight.com, pelayanan yang baik dan memberikan kepuasan kepada pelanggan akan membuat 60-70% pelanggan melakukan pembelian ulang. Bagian dari perusahaan yang sering berurusan dengan pelanggan adalah customer service dan tim penjualan, oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk memberikan pelatihan agar tim dapat memberikan pelayanan dan kepuasan kepada pelanggan.
4. Mintalah Feedback
Semakin Anda mengenal pelanggan Anda, semakin Anda tahu bagaimana melayani mereka dengan baik. Mintalah feedback pelanggan tentang produk untuk mengetahui apa yang dapat dipertahankan dan apa yang perlu ditingkatkan. Jika Anda memiliki toko batu bata dan mortir, Anda dapat meminta feedback pelanggan saat mengobrol, tetapi ada cara lain yang lebih efektif, yaitu dengan survei kepuasan dan titik kontak khusus untuk menerima kritik dan saran.
Baca Juga: Tren Digital Marketing untuk Bisnis
5. Bangun Hubungan yang Lebih Dalam dengan Pelanggan
Menghubungi pelanggan secara teratur dapat menumbuhkan hubungan yang lebih dalam. Anda dapat menghubungi pelanggan melalui email atau nomor telepon yang dapat dihubungi untuk menawarkan produk atau perkembangan bisnis terbaru yang mungkin relevan bagi pelanggan.
Selain itu, Anda juga dapat membentuk komunitas untuk secara aktif melibatkan pelanggan dan berkomunikasi dengan pelanggan. Anda dapat membangun komunitas dan berbagi tips dan trik tentang memaksimalkan produk tertentu dan aktivitas lain yang dapat mendukung merek Anda dan melibatkan pelanggan.
Pelanggan setia dapat membantu bisnis Anda dari mulut ke mulut. Mereka akan merekomendasikan produk dan layanan bisnis Anda kepada orang-orang terdekat mereka karena kualitas produk dan layanan yang diberikan perusahaan Anda.
Salah satu hal yang dapat membangun loyalitas pelanggan adalah pelayanan pelanggan yang baik.