Gaji Customer Service atau layanan pelanggan sering dikaitkan dengan karyawan bank, meskipun ada banyak jenis pekerjaan lain di bank.
Selain itu, customer service (CS) juga merupakan jenis pekerjaan yang ada dimana-mana seperti CS operator/provider, bahkan CS toko dan sebagainya.
Tak hanya itu, belakangan ini juga hadir ojek online yang tentunya juga memiliki customer service untuk memenuhi kebutuhan informasi dan keluhan pelanggan.
Pekerjaan ini banyak diminati oleh berbagai kalangan karena hampir semua jurusan bisa melamar sebagai customer service. Namun, ini juga membuat persaingan semakin sulit karena semakin banyak kandidat yang mendaftar.
Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang CS? Untuk itu Anda harus terlebih dahulu membaca ulasan di bawah ini.
Daftar Gaji Customer Service di Indonesia
Menurut berbagai sumber yang kami terima, rata-rata gaji seorang customer service (CS) yang ada di Indonesia ini berkisar Rp 2.000.000 hingga Rp 4.000.000 per bulannya. Sedangkan upah per jam mencapai 20 ribu dan sekitar 45 juta per tahun.
Perusahaan multinasional biasanya membayar gaji lebih tinggi daripada perusahaan lokal, dan lokasi di kota besar cenderung menawarkan gaji yang lebih baik dibandingkan dengan daerah pedesaan.
Customer service biasanya erat kaitannya dengan bekerja di sebuah bank, berikut beberapa informasi mengenai gaji CS di sebuah bank diantaranya :
- Customer Service Representative Bank Mandiri Rp 4.300.000
- Customer Service Representative Bank BRI Rp 4.500.000
- Agen Customer Service Bank BCA Rp 4.400.000
- Gaji Call Center Halo BCA Rp 3.800.000
- Customer service Bank BTN Rp 4.000.000
- Customer Service Representative Bank BNI Rp 4.300.000
- Layanan pelanggan Telkomsel Rp 3.400.000
- Layanan Pelanggan Shopee Rp 3.600.000
- Gaji Call Center Grab Rp 3.500.000
- Layanan Pelanggan Niagahoster Rp 3.000.000
- Tokopedia Customer Service Rp 3.800.000
- Call Center Gojek Rp 3.600.000
Di beberapa perusahaan, gaji customer service biasanya disesuaikan dengan UMR di kota/lingkungan setempat. Setelah itu, akan terus meningkat seiring peningkatan kinerja.
Ini biasanya diterapkan pada layanan pelanggan non-bank. Sebagai perwakilan layanan pelanggan, Anda harus dapat bekerja sebagai komunikator, tenaga penjualan, resepsionis, dan petugas hubungan pelanggan.
Banyak orang menginginkan posisi layanan pelanggan karena pekerjaan ini biasanya merupakan langkah pertama untuk pindah ke level berikutnya.
Namun meski terdengar/terlihat mudah karena hanya bekerja di meja masing-masing, nyatanya pekerjaan ini cukup sulit dan tidak semua orang bisa melakukannya.
Layanan pelanggan juga merupakan pekerjaan yang membuat stres karena jam kerja yang panjang dan banyak keluhan dari pelanggan. Keluhan tersebut secara tidak langsung dapat mempengaruhi psikologi seseorang jika tidak dijaga dengan baik.
Tips menjadi Customer Service Profesional
Jika Anda tertarik untuk menjadi perwakilan layanan pelanggan atau bahkan baru memulai, cobalah menjadi seseorang yang profesional di bidang tersebut.
Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk menjadi customer service profesional, antara lain:
1. Selalu Tanggap serta Sigap
Menjadi customer service harus bisa tanggap dan sigap terhadap setiap para pelanggan. Customer service sendiri bisa melayani secara langsung atau mereka yang bekerja di belakang layar dengan menerima telepon disebut call center.
Jadi untuk sebuah call center, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah segera menerima panggilan saat berdering agar pelanggan/konsumen tidak perlu menunggu terlalu lama.
2. Kuasai Bahasa dan Gunakan Kata-Kata Positif
Menurut EYD, sebagai customer service Anda harus memiliki kosakata bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Selain itu, pilihlah kata-kata yang sopan dan positif untuk disampaikan kepada pelanggan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.
3. Bersikaplah Realistis dan Jangan Menjanjikan Apa pun
Layanan pelanggan atau kita sebut sebagai CS juga harus realistis dan menyelesaikan sebuah permasalahan dengan solusi yang nyata, bukan hanya sekedar janji yang tidak bisa ditepati.
Pastikan apa yang disampaikan kepada pelanggan mencakup solusi yang dapat membantu permasalahan pelanggan.
4. Memiliki Pengetahuan Produk
Maka untuk bisa mengatasi masalah pelanggan, customer service perlu benar-benar memahami produk perusahaan tempat mereka bekerja.
Dengan begitu, jika terjadi kesalahan dapat segera ditangani dengan solusi yang tepat sesuai SOP.
5. Jadilah Pendengar yang Baik
Menjadi agen customer service bisa dikatakan sebagai teman curhat karena pelanggan akan mengutarakan pertanyaan dan kekhawatirannya disini.
Maka dari itu, sebagai customer service, Anda harus menjadi pendengar yang baik agar memahami inti permasalahan yang disampaikan.
6. Memahami Masalah Pelanggan
Selain menjadi pendengar yang baik dan tidak memotong pembicaraan pelanggan, customer service juga harus bisa memahami permasalahan pelanggan.
Kemampuan untuk memahami apa yang pelanggan sampaikan sangat penting karena cara mereka menyampaikan sesuatu jelas berbeda-beda.
7. Sabar, Tapi Memiliki Tujuan
Kesabaran juga menjadi kunci utama karena ketika pelanggan mengeluh, dia dalam keadaan marah/kesal. Dengarkan baik-baik apa yang pelanggan katakan, pahami dan temukan solusi terbaik.
Solusi cepat dan akurat adalah tujuan yang harus dipenuhi oleh setiap layanan pelanggan.
Baca Juga : Gaji Kurir Shopee Express
Demikian informasi mengenai gaji customer service dan cara menjadi customer service profesional. Intinya, setiap pekerjaan yang Anda lakukan harus benar-benar dilakukan dengan kemampuan terbaik dan selalu berpikir positif.