Breaking News
Keterampilan Interpersonal

5 Keterampilan Interpersonal untuk Sukseskan Bisnismu!

Keterampilan Interpersonal – Sebagai seorang pebisnis, tentunya Anda harus berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang. Agar komunikasi dan interaksi berjalan lancar, Anda harus memiliki interpersonal skill yang baik.

Laporan dari investopedia.com menunjukkan bahwa keterampilan interpersonal memengaruhi budaya perusahaan, kinerja, dan kesuksesan bisnis.

Keterampilan ini memiliki karakteristik yang penting bagi perusahaan, seperti fleksibilitas, toleransi, empati, kerjasama, dan suka menolong. Jika Anda ingin bisnis Anda berkembang dan sukses, mari kita lihat di bawah ini!

Baca Juga: Keterampilan Wajib di Masa Pandemi

5 Skill Interpersonal yang harus Anda Kembangkan 

1. Komunikasi

Komunikasi merupakan kunci dalam berinteraksi dengan orang lain, baik secara individu maupun kelompok. Keterampilan komunikasi tersebut meliputi komunikasi verbal seperti lisan atau tulisan, komunikasi nonverbal seperti bahasa tubuh dan ekspresi wajah.

Komunikasi dua arah membuat pertukaran antara komunikator menjadi komunikan dan sebaliknya. Selain keterampilan berbicara yang baik, Anda juga harus memiliki keterampilan mendengarkan yang baik agar komunikasi dapat berjalan dengan lancar.

2. Kecerdasan Emosional

Buku Daniel Goleman yang berjudul Kecerdasan Emosional menyebutkan bahwa kecerdasan emosional bertanggung jawab atas 67% kesuksesan seseorang. Kecerdasan emosional melibatkan mengenali, memahami, mengendalikan, dan mengekspresikan emosi. Kecerdasan emosional penting dalam dunia kerja dan bisnis.

Kecerdasan emosional diperlukan untuk mengelola dan memahami emosi diri sendiri dan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan. Dengan kecerdasan emosional yang baik, Anda dapat membangun dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan, pelanggan, tim, dan lainnya.

3. Negosiasi

Negosiasi harus dilakukan untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Seorang pebisnis tentunya akan melakukan negosiasi dengan banyak pihak seperti pemasok, mitra bisnis, pelanggan dan lain-lain. Dilansir dari entrepreneur.com, semakin baik kemampuan negosiasi Anda, semakin baik bisnis Anda nantinya.

Negosiasi bukan hanya tentang menggunakan kata-kata yang tepat, tetapi juga waktu, pengetahuan berdasarkan fakta dan data serta kepercayaan diri selama negosiasi.

4. Mediasi dan Pemecahan Masalah

Tentu saja dalam menjalankan bisnis, Anda akan menghadapi beberapa masalah dengan pelanggan, konflik internal, kesalahpahaman dan lain-lain. Seorang pengusaha harus mampu memberikan mediasi dan meredakan permasalahan yang muncul. Mediasi berarti menyelesaikan masalah secara damai dengan melibatkan pihak ketiga yang netral.

Misalnya, ada masalah internal antar karyawan sehingga Anda harus menyatukan mereka untuk menyelesaikan masalah dari dua perspektif dan Anda sebagai pihak ketiga yang tidak berada di satu sisi hanya bermaksud untuk menyelesaikan masalah tersebut.

5. Membuat Keputusan

Setiap hari kita dihadapkan pada pilihan yang berbeda, termasuk ketika menjalankan bisnis. Dalam bisnis, keputusan yang Anda buat akan mempengaruhi seluruh bisnis yang Anda jalankan.

Oleh karena itu, harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh pertimbangan. Beberapa proses pengambilan keputusan termasuk mengidentifikasi masalah, menyiapkan solusi yang berbeda, menimbang pro dan kontra dari setiap solusi, dan memilih solusi dengan dampak negatif yang paling kecil.

Baca Juga: Tips Membuat Presentasi Online

Itulah beberapa keterampilan interpersonal yang harus Anda miliki sebagai seorang pebisnis. Keterampilan ini akan membantu Anda membangun dan memelihara hubungan baik dengan tim Anda dan semua orang yang terlibat dalam bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.