Breaking News
Manfaat dan Kegunaan Kartu Prakerja

Manfaat dan Kegunaan Kartu Prakerja

Manfaat dan Kegunaan Kartu Prakerja – Kartu Prakerja gelombang sebelumnya telah ditutup. Setelah itu, ada kabar akan dibuka gelombang berikutnya, namun belum ada pengumuman resmi dari pemerintah. Program pemerintah ini selalu disambut dengan antusias oleh masyarakat. Pada tahun 2020, terdapat 43 juta pemohon Kartu Prakerja, dengan total penerima 5,6 juta.

Dilihat dari animo masyarakat yang sangat besar, tentunya memiliki banyak keuntungan. Apa Manfaat dan Kegunaan Kartu Prakerja? Yuk, simak penjelasannya!

5 Manfaat dan Kegunaan Kartu Prakerja

1. Mendapat Insentif Bulanan

Setelah mendaftar dan memenuhi syarat sebagai penerima Program Kartu Prakerja, Anda akan menerima hibah dana sebesar Rp 3.550.000. Tidak kurang dari 1 juta dari total dana tidak dapat dicairkan. Karena digunakan untuk membeli kelas pelatihan dari lembaga pelatihan yang menjadi mitra Kartu Prakerja.

Sedangkan sisa Rp 2.400.000 dapat dikumpulkan dan Rp 600.000 akan dikirim setiap bulan selama 4 bulan. Dan jika Anda menyelesaikan survei sebanyak 3 kali, Anda akan mendapatkan tambahan insentif sebesar Rp150.000. Anda akan menerima insentif ini setelah Anda menyelesaikan pelatihan.

Jika Anda tidak mengikuti pelatihan, kartu anggota Anda akan hangus dan uang dikembalikan ke kas negara.

Insentif dan uang saku dari pemerintah tentu akan sangat bermanfaat bagi Anda. Dengan uang ini Anda dapat mengikuti program pelatihan untuk meningkatkan soft skill dan hard skill dalam persiapan untuk mendapatkan pekerjaan atau berwirausaha.

Selain itu, uang jajan yang tidak digunakan untuk membayar kelas pelatihan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau sebagai modal usaha mengingat sulitnya mencari pekerjaan di masa pandemi ini.

2. Menambah dan meningkatkan Keterampilan

Dengan menjadi penerima Kartu Prakerja, Anda berkesempatan untuk mengikuti program pelatihan mitra Kartu Prakerja. Anda dapat mempelajari keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah Anda miliki untuk membuatnya lebih kuat.

Hal ini sangat membantu bagi Anda yang terkena PHK, fresh graduate, atau pebisnis yang terpuruk akibat pandemi. Mendapatkan pendidikan dapat mempersiapkan Anda untuk mengambil pekerjaan atau peluang bisnis baru.

Misalnya, Anda baru saja lulus dan ingin bekerja di bidang pemasaran. Namun ternyata ada beberapa persyaratan perusahaan yang tidak Anda miliki. Jadi jika Anda adalah penerima Kartu Prakerja, Anda memiliki kesempatan untuk menambah keterampilan baru yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

Jika Anda seorang pebisnis, Anda juga bisa mempelajari strategi bisnis baru melalui program pelatihan ini. Karena Kartu Prakerja bekerja sama dengan 165 lembaga pelatihan dimana terdapat 1700 program pelatihan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan Anda.

Ada bisnis, keuangan, bahasa asing, penjualan dan pemasaran, teknologi, manajemen, makanan dan minuman dan kelas lainnya.

Semua pelatihan diberikan secara online. Jadi kamu bisa belajar dimana saja dan kapan saja, selama ada koneksi internet.

3. Mendapatkan Diskon Biaya Pelatihan

Biaya pelatihan online cukup mahal. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Tidak semua orang mampu membayar pelatihan, bahkan jika mereka harus melakukannya. Apalagi di masa pandemi. Sekarang susah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari apalagi ikut olahraga 🙁

Kini, melalui program Kartu Prakerja, pemerintah akan menanggung biaya pendidikan 1 juta untuk 1 orang sesuai kuota yang diberikan. Jadi Anda bisa mengikuti pelatihan berbayar secara gratis karena biayanya ditanggung oleh pemerintah.

Tak hanya itu, biasanya lembaga yang bermitra dengan Kartu Prakerja ini memberikan diskon khusus bagi penerima program ini.

4. Menjadi Pelengkap pendidikan Formal

Anda harus banyak belajar dari pendidikan formal. Namun, masih ada beberapa hal yang kamu butuhkan untuk masa depan yang tidak kamu dapatkan di sekolah.

Di sekolah, misalnya, Anda tidak mempelajari dasar-dasar korespondensi (bentuk komunikasi verbal yang digunakan untuk menyampaikan pesan), seperti menulis email, membuat laporan, atau etika berkirim pesan.

Kemampuan ini akan menjadi penting bagi Anda di masa depan. Misalnya, ketika Anda lulus dan mulai mencari pekerjaan. Anda mengirimkan email inquiry tanpa subject atau body email, sudah pasti pertanyaan Anda akan dilewati oleh HR. Karena Anda belum secara jelas menyatakan tujuan Anda. Ternyata surat lamaran tidak bisa dikirim, harus ada subject, body surat, file terlampir juga harus jelas, bahkan jam pengiriman surat pun tidak boleh sembarangan.

Dengan mengikuti program Kartu Prakerja, Anda dapat mempelajari dasar-dasar surat menyurat melalui pelatihan. Anda bisa belajar langsung dengan profesional di bidang ini dan dibayar oleh pemerintah. hehehe 🤭.

Setelah studi Anda, lebih baik mengirim email aplikasi. Bagaimanapun, email Anda tidak akan langsung dilewati oleh HR. Peluang diundang untuk wawancara lebih besar.

5. Meningkatkan nilai tambah bagi penerima program

Setelah menyelesaikan pelatihan Anda pasti akan mendapatkan pengetahuan atau keterampilan baru.

Bagi lulusan baru atau korban PHK, ilmu yang Anda peroleh dapat membantu Anda mencari pekerjaan di kemudian hari. Jika bisnis Anda runtuh, Anda dapat mempelajari strategi baru untuk memulai kembali bisnis Anda. Atau bagi Anda yang selalu ingin memulai bisnis tetapi tidak tahu harus mulai dari mana dan apa yang harus dipersiapkan, dengan mengikuti pelatihan impian Anda akhirnya bisa terwujud.

Program pelatihan ini akan menjadikan Anda versi yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, setelah menyelesaikan pelatihan, Anda akan menerima sertifikat yang dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan tertentu. Dapat ditampilkan di LinkedIn atau di resume. Hal tersebut tentunya akan menjadi nilai tambah di mata perekrut.

Tapi ingat bahwa tujuan utamanya adalah untuk belajar dan mendapatkan skill baru, ya. Sertifikat adalah bonus.

Nah itulah 5 Manfaat dan Kegunaan Kartu Prakerja yang bisa kamu dapatkan. Menarik bukan? Anda dapat mengikuti pelatihan secara gratis, menambah keterampilan baru dan juga mendapatkan uang saku. Dan Anda, tidak ragu untuk mendaftar program ini? Anda bisa mendaftar melalui prakerja.go.id dan ikuti langkah-langkahnya. baca juga Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

Leave a Reply

Your email address will not be published.