Cara Driver Membatalkan Pesanan Grab

Cara Driver Membatalkan Pesanan Grab tanpa menurunkan Performa

Cara Membatalkan Pesanan Grab Bike dan Grab Car Tanpa Mempengaruhi Nilai – Mendapat jumlah penumpang yang banyak memang menjadi tujuan utama setiap driver Grab, baik dari Grabbike maupun Grabcar.

Namun tidak jarang beberapa penumpang memberikan perintah fiktif yang memaksa pengemudi untuk membatalkan pesanan dan mempengaruhi nilai pengemudi itu sendiri. Jadi bagaimana cara membatalkan pesanan Grab tanpa mempengaruhi nilainya?

1. Hubungi Pusat Bantuan Grab

Cara paling mudah untuk membatalkan pesanan Grab tanpa mempengaruhi nilai adalah dengan menghubungi pusat bantuan di aplikasi Grab. Ini akan membantu pengemudi untuk membatalkan pesanan dari pusat dan tidak akan mempengaruhi nilai pembatalan dari pengemudi itu sendiri.

Untuk membatalkan pemesanan grabbike oleh driver dan grabcar, driver hanya perlu menghubungi nomor help center Grab yang sudah tersedia di aplikasi. Setelah menghubungi Grab, driver akan diberikan beberapa opsi untuk dipilih dan driver hanya perlu memilih nomor 3 untuk membatalkan pesanan.

Menghubungi Pusat Bantuan Grab

Setelah nomor dipilih, pengemudi akan diarahkan untuk berbicara dengan layanan pelanggan Grab. Sebelumnya, para pengemudi ditanya tentang status kepesertaannya sebagai pengemudi atau penumpang.

Driver hanya perlu menjawab status keanggotaannya sebagai pengemudi dan untuk membatalkan pesanan, pengemudi diminta untuk memberikan informasi lengkap berupa nomor plat, nomor telepon dan juga nama untuk verifikasi data.

Jika data pribadi sudah diverifikasi, Grab akan meminta pengaduan dari pengemudi. Jelaskan bahwa driver ingin membatalkan pesanan dan mengapa pesanan ingin dibatalkan. Layanan pelanggan Grab kemudian akan menanyakan rincian perjalanan kepada pengemudi.

Rincian perjalanan yang diminta adalah nama pelanggan, titik penjemputan dan juga titik penurunan. Kemudian Grab akan menindaklanjuti hingga akhirnya membatalkan pesanan tersebut. Jika driver menggunakan cara ini maka driver dapat membatalkan pesanan dan tentunya tidak akan mempengaruhi nilai pembatalan.

2. Menunggu Penumpang di Lokasi Penjemputan

Selain menghubungi help center, driver dapat membatalkan pesanan dengan menunggu penumpang di lokasi penjemputan. Namun cara ini hanya berlaku sebagai cara untuk membatalkan pesanan Grabcar oleh driver. Cara ini juga tidak mengurangi nilai pembatalan driver dan driver juga tidak perlu repot menghubungi pusat bantuan.

Untuk membatalkan pesanan penumpang, pengemudi hanya perlu menunggu 10 menit di lokasi penjemputan dan klik tombol saya sudah sampai untuk memulai penghitungan waktu. Setelah 10 menit berlalu, penumpang dapat membatalkan pesanan dengan menekan tombol Lainnya di aplikasi.

Menunggu Penumpang di Lokasi Penjemputan

Di dalam menu, penumpang melihat tombol yang berbeda, seperti tombol untuk memanggil penumpang, tombol untuk mengirim pesan teks dan juga tombol untuk membatalkan. Driver hanya perlu menekan tombol batal untuk membatalkan pesanan.

Setelah pengemudi menekan tombol Batal, pengemudi akan melihat alasan pembatalan yang berbeda dan pengemudi dapat memilih Penumpang tidak muncul sebagai alasan.

Setelah berhasil, driver akan dialihkan ke jendela baru dan akan menerima pemberitahuan bahwa pesanan telah dibatalkan. Di jendela itu, pengemudi juga diberi tahu bahwa pembatalan tidak akan memengaruhi nilai. Namun, cara ini dibatasi hanya 5 kali sehari dan jika lebih, pengemudi akan dikenakan sanksi oleh pihak Grab.

Baca Juga : Mendaftarkan Rekening CIMB Niaga Ke Aplikasi Grab

Pesanan fiktif akan sangat merugikan driver dan mengetahui cara membatalkan pesanan Grab tanpa mempengaruhi nilai akan sangat bermanfaat bagi driver. Jika driver memiliki nilai memo lebih dari 10%, maka driver tidak akan menerima bonus dan insentif apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *