Skill Wajib di Masa Pandemi – Sejak pandemi COVID-19 menyebar, semakin sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Kita sebagai pencari kerja dituntut untuk memiliki keterampilan atau kemampuan tertentu oleh perusahaan. Hal ini juga dialami terutama bagi Anda yang baru saja lulus kuliah. Semua rencana kerja Anda tiba-tiba salah.
Anda mungkin berpikir bahwa semuanya akan menjadi buruk setelah Anda melalui “New Normal”. Cara dan kebiasaan masyarakat telah berubah, baik dari segi pekerjaan maupun gaya hidup.
Namun, pandemi yang masih kita alami seperti sekarang ini bukanlah alasan untuk menyerah dan patah semangat dalam mewujudkan impian kita.
Dilansir dari topuniversities.com, skill wajib di masa pandemi berikut ini akan sangat membantu Anda menghadapi dunia kerja di masa pandemi.
Daftar Isi
1. Kepemimpinan
Anda mungkin berpikir bahwa keterampilan kepemimpinan hanya diperlukan untuk orang-orang yang menjadi bos atau pemimpin tim di dunia kerja. Anggapan ini tentu saja tidak benar, siapa pun dapat memiliki kualitas kepemimpinan dan mereka dapat dilatih.
Kepemimpinan bukan hanya tentang mengatur atau mengelola sesuatu. Tapi bagaimana Anda merencanakan sesuatu agar bisa berhasil. Strategi dalam berkomunikasi dan juga bagaimana melihat peluang merupakan hal terpenting dalam kepemimpinan.
Selain itu, dengan berani mengambil tanggung jawab di tempat kerja, Anda juga melatih kepemimpinan Anda. Jangan takut untuk mengambil risiko dalam pekerjaan Anda, tetapi risiko ini harus dipersiapkan dengan cermat agar Anda dapat mengeksekusinya dengan lebih mudah.
2. Fleksibel dan Adaptif
Keadaan yang semakin sulit diprediksi membuat Anda semakin sulit mencari dan melakukan pekerjaan. Namun, menjadi fleksibel dan mudah beradaptasi adalah sesuatu yang kita semua harus biasakan dalam beberapa bulan terakhir.
Jangan terlalu pilih-pilih pekerjaan karena alasan sepele seperti suasana hati atau ketidaktahuan. Dalam keadaan seperti itu perlu untuk dapat beradaptasi dengan cepat.
Keterampilan ini juga penting karena akan diperhatikan oleh setiap majikan pada saat ini. Dunia kerja juga telah berkembang pesat selama ini, terutama cara bekerja, seperti bekerja dari rumah atau jarak jauh (di mana-mana).
Sekarang, menjadi fleksibel bukan hanya tentang ruang, ini juga tentang memiliki pola pikir terbuka, mampu beradaptasi dengan tenggat waktu yang baru dan tak terduga, dan cukup berani untuk mengambil tanggung jawab ekstra dalam kondisi tertentu.
3. Berpikir Kritis
Kita semua tahu bahwa berpikir kritis merupakan soft skill yang harus kita miliki. Di zaman dengan begitu banyak informasi dan begitu banyak berita palsu, penting untuk dapat berpikir jernih dan rasional ketika mengevaluasi informasi secara objektif untuk membuat keputusan yang tepat.
Berpikir kritis juga memudahkan kita untuk mengeksplorasi konsep sesuatu dari “apa yang terjadi?” menjadi “Dapatkah saya memastikan sumbernya?
4. Memahami Teknologi
Mengetahui belum tentu mengerti. Mungkin sebagian dari Anda berpikir bisa memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang saat ini. Tapi masalahnya adalah bagaimana dan dalam situasi apa teknologi itu digunakan.
Pandemi mengharuskan kita mengenal teknologi seperti mengetahui sistem atau platform apa saja, literasi data, pemrograman, big data, cloud, kecerdasan buatan, dan lain-lain. Keterampilan ini tidak diperlukan tanpa alasan.
Perkembangan yang harmonis antara teknologi dan dunia kerja atau bisnis menuntut setiap orang untuk memahami teknologi.
5. Kecerdasan Komunikasi dan Emosional
Komunikasi bukan hanya sekedar menyampaikan pesan kepada orang lain. Ada aspek penting untuk berkomunikasi dengan seseorang. Aspek ini merupakan kecerdasan emosional kita saat berkomunikasi.
Kecerdasan emosional adalah mampu menyadari apa yang terjadi, menunjukkan empati dan membaca situasi, terutama ketika seseorang sedang tidak nyaman.
Skill ini sangat dibutuhkan di masa pandemi seperti ini. Ketika kita terhubung melalui aplikasi digital mulai dari email hingga rapat virtual, kemampuan yang baik untuk membaca suasana bisa sangat membantu, meningkatkan kepercayaan diri, dan mempertahankan produktivitas yang tinggi.
6. Kreativitas dan Inovasi
Kreativitas adalah keterampilan yang paling membedakan diri kita saat memecahkan masalah. Memiliki pola pikir yang tidak konvensional membutuhkan banyak pengalaman dan latihan.
Mencari jalan keluar dan menemukan cara-cara terbaru sangat dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini. Mampu berpikir “out of the box” dan tidak takut untuk berbagi ide membuat Anda menjadi orang yang kreatif.
Baca Juga: Tips Manajemen Waktu
Itulah Skill Wajib di Masa Pandemi yang harus kamu miliki versi Learning ala Jobster. agar kamu tetap eksis dimanapun kamu berada.