TikTok Sebagai Media Promosi untuk Bisnis

5 Kelebihan TikTok Sebagai Media Promosi untuk Bisnis

TikTok Sebagai Media Promosi untuk Bisnis – TikTok merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah video dengan durasi 15-60 detik, biasanya video tersebut memiliki musik atau dialog. Berawal sebagai aplikasi berbagi video, TikTok kini juga dapat digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan.

Menurut hootsuite.com, TikTok telah diunduh 1,65 miliar kali, diinstal 738 juta kali pada 2019 dan 800 juta pengguna aktif pada Oktober 2019. Data tersebut menunjukkan betapa populer dan berkembangnya TikTok. Popularitasnya bisa menjadi peluang bagi beberapa pemasar atau pengusaha untuk memperkenalkan dan mempromosikan merek mereka melalui TikTok.

Lalu apa saja keuntungan menggunakan TikTok sebagai media promosi? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Memiliki banyak Pengguna

TikTok memiliki 800 juta pengguna aktif. Rata-rata pengguna TikTok membuka aplikasi ini 8 kali sehari. Hal ini menunjukkan bahwa TikTok merupakan media sosial yang sering diakses. Mempromosikan produk di TikTok dengan konten yang menarik dan hashtag yang sesuai dapat membuat produk atau brand Anda dilihat oleh banyak orang.

Bahkan, ada juga banyak influencer atau yang biasa disebut dengan selebriti TikTok saat ini di TikTok.

Karena aplikasi ini populer, konten TikTok semakin beragam. Mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga berbagai universitas atau sekolah, juga melakukan promosi atau branding melalui TikTok.

2. Fitur TikTok mudah digunakan

Tidak semua orang memiliki kemampuan mengedit video, TikTok memberikan kemudahan bagi pengguna dengan menyediakan berbagai alat seperti start dan stop record, timer dan lain-lain. Tidak hanya itu, TikTok juga memiliki beragam filter visual, efek waktu, layar hijau, transisi, stiker, teks, emoji, GIF, dan masih banyak lagi.

Anda juga bebas menambahkan musik latar atau sulih suara ke video Anda. Ada juga fitur live seperti media sosial lainnya.

3. Populer di Kalangan Remaja

Jika target pasar produk yang Anda jual adalah remaja, maka sebaiknya Anda juga beriklan di TikTok. Dilansir dari sindonews.com (2002), Donny Eryastha, Head of Public Policy TikTok Indonesia menjelaskan pengguna TikTok di Indonesia didominasi oleh generasi Y dan Z dengan rentang usia 14-24 tahun.

Selain itu, generasi milenial juga merupakan generasi yang lebih konsumtif dan agak impulsif, karena itu TikTok merupakan media promosi yang cocok untuk menjangkau target pasar Anda.

4. Tagar Umpan Penemuan

TikTok memiliki fitur hashtag (#) yang memudahkan pengguna menemukan konten yang diinginkan. Anda bisa memanfaatkan fitur ini dengan memberikan hashtag yang sesuai dengan tema, mudah diingat, dan relevan dengan produk Anda. Tambahkan #fyp untuk membuat konten Anda muncul di halaman pengguna lain.

Jika konten Anda berhasil masuk FYP, biasanya Anda akan mendapatkan banyak like, komentar, dan share.

Anda juga dapat membuat tantangan baru di TikTok, seperti mempromosikan jingle produk atau dance cover untuk mempromosikan produk Anda. Beberapa artis internasional telah melakukan ini, seperti Zico, Kang Daniel dan Justin Bieber.

5. Iklan TikTok

TikTok juga memiliki platform periklanan yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan jangkauan konten yang Anda buat. Membuat iklan TikTok tidak sulit, Anda bisa masuk ke halaman TikTok lalu mengisi beberapa informasi yang diminta.

Kemudian Anda dapat menentukan tujuan untuk membuat iklan, menetapkan tujuan dan anggaran, mengunggah video atau foto, menambahkan iklan ajakan bertindak (CTA) dan selesai. CTA ini dapat mengarahkan pengguna ke situs web, menginstal aplikasi, atau lainnya, tergantung pada tujuan yang ingin dicapai.

TikTok saat ini sedang naik daun, ini merupakan peluang bagi Anda untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Namun hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah membuat konten yang menarik, menyenangkan dan membuat pengguna lain ingin menonton konten Anda sampai habis, berkomentar dalam bentuk suka atau komentar dan melakukan tindakan seperti mengunjungi website atau menginstal aplikasi.

Baca Juga: Tren Digital Marketing untuk Bisnis

Jika Anda ingin mempelajari cara membuat konten pemasaran yang baik, Anda dapat mengikuti kursus di Learning JobSter. Ada banyak kelas yang membahas konten pemasaran, di antaranya strategi pemasaran konten untuk aplikasi seluler, menguasai dasar-dasar pemasaran konten dan pemasaran digital, serta menarik pengikut media sosial dengan konten kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *