Breaking News
Tren Digital Marketing untuk Bisnis

5 Tren Digital Marketing untuk Bisnis

5 Tren Digital Marketing untuk Bisnis – Perkembangan teknologi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pemasaran. Covid-19 menyebabkan pembatasan kegiatan yang melibatkan banyak orang, menyebabkan kegiatan pemasaran yang sebagian besar konvensional beralih ke digital sehingga bisnis dapat bertahan.

Tren digital marketing pasti berubah dari waktu ke waktu, seperti apa tren digital marketing di tahun 2022? Temukan jawabannya di bawah ini!

1. Pencarian Suara

Menurut techlearn.com, pada tahun 2022 70% permintaan mesin pencari akan menggunakan pencarian suara. Untuk itu Anda harus mengoptimalkan konten pencarian ucapan dan teks, karena semakin banyak pengguna smartphone yang melakukan pencarian dengan suara daripada mengetik.

Meskipun pencarian suara telah menjadi pilihan, beberapa perbaikan diperlukan karena kata kunci yang dimasukkan terkadang tidak akurat.

2. Pemasaran Video

Video marketing menjadi salah satu tren digital marketing tahun ini. Menurut techlearn.com, 60% konsumen mengatakan mereka akan menonton video sebelum melakukan pembelian untuk mendapatkan gambaran tentang produk yang akan mereka beli.

Oleh karena itu, Anda dapat mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan dengan membuat video pemasaran yang dapat membantu konsumen mendapatkan gambaran umum tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. Buat video pemasaran yang menarik dan berharga.

3. Pemasaran Kecerdasan Buatan

Perkembangan teknologi komunikasi selalu memberikan kemudahan dalam berbagai aktivitas, termasuk dalam dunia pemasaran. Kecerdasan buatan (AI) dapat membantu bisnis atau aktivitas pemasaran apa pun.

AI akan membantu meningkatkan arus komunikasi, menganalisis data, melacak penjualan, dan memproyeksikan perilaku konsumen.

Contohnya adalah chatbots, yang dapat membantu berkomunikasi dengan konsumen karena chatbots menjawab pertanyaan atau informasi yang diperlukan dengan memasukkan kata kunci yang benar.

4. Konten Interaktif

Dalam dunia pemasaran, konten berperan penting dalam meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan. Konten interaktif bertujuan untuk mengajak konsumen berinteraksi dengan brand Anda, yang tentunya dapat meningkatkan engagement.

Contoh konten interaktif termasuk kuis, polling, Augmented Reality (AR)/Virtual Reality (VR), postingan yang dapat dibeli, dan video 360 derajat.

Anda dapat mempelajari cara membuat konten pemasaran dengan mengikuti kursus Master of the Basics of Content Marketing dan Digital Marketing dari Skill Academy.

5. Media sosial sebagai media penjualan

Tren pemasaran digital berikutnya adalah menggunakan media sosial sebagai alat penjualan. Menurut forbes.com, media sosial akan menjadi saluran utama untuk melakukan pembelian, bukan sekadar mencari informasi.

Tren ini memudahkan konsumen untuk berpindah dari penemuan ke pembelian tanpa harus meninggalkan platform, memungkinkan Anda membuat jalur pembelian yang mudah.

Baca Juga: Manfaat Instagram Shopping untuk Bisnis

Itulah beberapa prediksi digital marketing yang akan menjadi tren di tahun 2022. Anda perlu mengikuti tren pemasaran yang ada agar bisnis Anda dapat bertahan di tengah persaingan dan terus berkembang. Kembangkan bisnis Anda dengan menambah wawasan dengan berbagai pilihan pelajaran dari Akademi Keterampilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.