Grab Motor atau Grabbike saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang paling diminati. Karena popularitasnya, jumlah pengemudi Grab meningkat pesat akhir-akhir ini. Hal ini terkait erat dengan penghasilan driver Grabbike dan fleksibilitas jam kerja mereka. Oleh karena itu, pekerjaan sebagai pengemudi dapat menjadi pekerjaan sampingan dan pekerjaan utama.
Bicara pendapatan memang tidak bisa dipisahkan dari jumlah orderan yang masuk, bukan? Makanya penting bagi pengendara Grabbike untuk mengetahui tips cara cepat mendapat orderan banyak alias kekenyangan orderan (gacor).
Inilah yang akan dibahas pada artikel kali ini, cara cepat mendapatkan orderan Grabbike terbaru 2024 dengan cepat, tanpa aplikasi tambahan, tanpa root yang justru bisa merugikan akun grabbike. Artikel ini tidak hanya untuk pengendara Grabbike, tetapi juga untuk pengendara Grabcar.
Daftar Isi
- Cara Cepat Mendapatkan Orderan Grabbike Tanpa Apk Lain!
- 1. Bisa membaca Lokasi dan Jam Sibuk
- 2. Terima setiap Orderan yang Masuk
- 3. Turunkan Penumpang sesuai Titik
- 4. Jangan terlalu banyak mangkal dengan Driver Grab lain
- 5. Jangan terlalu lama mangkal dengan sesama Driver
- 6. Selesaikan Orderan tepat Waktu
- 7. Kenali penyebab minimnya Orderan yang Masuk
- 8. Periksa Saldo Dompet anda sendiri
- 9. Gunakan Smartphone yang Layak
Cara Cepat Mendapatkan Orderan Grabbike Tanpa Apk Lain!
Jika Anda ingin menerima orderan Grabbike dengan cepat, mungkin tips ini bisa membantu. Tips ordergacor ini ditulis oleh driver Grabbike sejati berdasarkan pengalamannya di dunia joki.
1. Bisa membaca Lokasi dan Jam Sibuk
Seperti yang Anda ketahui, aplikasi Grab untuk driver memiliki peta sebaran permintaan order atau yang disebut dengan heat map. Nah warna dari heatmap ini dibagi menurut warna dan tingkat permintaan yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya:
Peta panas adalah peta distribusi yang membantu pengemudi mengidentifikasi lokasi di mana permintaan tinggi. Jumlah permintaan pesanan ditunjukkan dengan 4 warna berbeda. Semakin gelap warnanya, semakin tinggi permintaan pesanan di daerah tersebut.
Setelah memahami heat map, kali ini pengemudi perlu memahami lokasi yang tepat dan waktu puncak. Cara ini digunakan agar tetap efektif menerima order karena driver umumnya mendapatkan order 2-3 kali pada jam-jam sibuk tersebut. Berikut gambaran sebaran jam puncak dan aktivitasnya:
Jam pergi ke dan dari sekolah/kantor/universitas umumnya adalah jam-jam yang menyebabkan keramaian jangka pendek di kota mana pun. Selama jam-jam tersebut, pengemudi harus memindai lokasi mana yang akan dituju untuk pengambilan pesanan. Namun di akhir pekan, pengemudi hanya perlu mencari pesanan di titik-titik ramai.
2. Terima setiap Orderan yang Masuk
Memang terkadang ada beberapa alasan mengapa driver harus membatalkan orderan. Kasus yang sering terjadi adalah perintah fiktif atau opik dalam bahasa ojol. Terkait hal tersebut, pihak Grab akan mengevaluasi alasan pembatalan driver tersebut.
Memilih untuk memilih pekerjaan dengan membatalkan atau mengabaikan orderan adalah hal yang biasa bagi sebagian driver Grab. Tapi mau tidak mau, seorang pengemudi, mau tidak mau, harus menjalankan setiap perintah yang diberikan. Pengemudi dengan skor pembatalan yang tinggi akhirnya berujung pada penalti oleh Grab.
Mengabaikan orderan yang masuk juga merupakan hal yang tidak disarankan bagi driver. Karena pesanan yang masuk pada dasarnya adalah algoritma yang dikelola oleh sistem. Saat sistem mendeteksi pengemudi yang mengabaikan pekerjaan yang ditugaskan, ia secara singkat dianggap dinonaktifkan.
3. Turunkan Penumpang sesuai Titik
Menjatuhkan penumpang berdasarkan poin yang mereka masukkan pada aplikasi pemesanan adalah praktik umum bagi setiap pengemudi. Namun terkadang ada penumpang yang meminta agar tidak diturunkan sesuai titiknya. Tidak masalah jika penumpang meminta diturunkan sebelum titik tersebut, tetapi bagaimana jika setelahnya? tidak adil kan?
Percaya atau tidak, rajin menurunkan penumpang sesuai titik kedatangan akan mempengaruhi kestabilan orderan yang masuk. Pihak Grab pusat akan selalu mengevaluasi kinerja para mitranya dalam memenuhi SOP (Standard Operational Procedure) perusahaan, yang juga akan berpengaruh pada pasokan order yang masuk oleh para driver.
4. Jangan terlalu banyak mangkal dengan Driver Grab lain
Sebagai driver, kita mungkin tidak pernah tahu sistem algoritma Grab tentang siapa yang akan mendapatkan orderan. Namun banyak pendapat dari driver dengan jam terbang banyak (driver ojol berpengalaman) bahwa sistem Grab lebih cenderung memberikan order kepada mitra yang sering berpindah/pindah daripada mitra yang diam.
Terkadang algoritma sistem Grab malah memerintahkan driver yang posisinya lebih jauh dari titik pemesanan, padahal ada driver yang lebih dekat.
Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah penilaian sistem terhadap mobilitas GPS pengemudi. Meskipun metode ini agak mengorbankan bahan bakar, itu wajar selama pengemudi mendapatkan orderan dan pendapatan yang sepadan. Tapi ada kalanya juga untuk pengemudi
Strategi yang lebih mobile ini bisa dilakukan dengan menentukan lokasi mana saja yang dilewati. Lokasi tersebut mungkin berada di area tertentu, seperti perkantoran, sekolah, area kampus, atau pusat perbelanjaan. Waktu perubahan lokasi pengemudi juga harus konstan, misalnya 15 menit di setiap area yang ditentukan.
5. Jangan terlalu lama mangkal dengan sesama Driver
Berhenti untuk beristirahat dan berkumpul dengan sesama pengendara sudah menjadi kebiasaan. Aktivitas mondar-mandir dan berkumpul sambil menyalakan tombol bid aktif sebenarnya tidak efektif bagi mereka yang mencari target insentif.
Logikanya, algoritma Grab secara acak menentukan pengemudi mana yang mendapat pesanan dari sekelompok mitra di lokasi tersebut.
Ini membagi kemampuan pengemudi untuk menerima pesanan dengan jumlah pengemudi lain di pangkalan. Tentu saja kecil kemungkinannya untuk mendapatkan orderan driver? Jadi gunakan waktu dengan bijak untuk beristirahat bersama sesama ojol.
Baca Juga : Cicilan Atribut Grab Jaket dan Helm
6. Selesaikan Orderan tepat Waktu
Semakin cepat Anda menyelesaikan orderan Anda, semakin cepat Anda akan menerima pesanan Anda lagi. Ia mengatakan, sistem ojek online ini dibuat untuk menerima pesanan baru setelah pesanan sebelumnya selesai. Tapi banyak kasus sekarang, meskipun orderan belum selesai, mereka menerima lebih banyak penumpang.
Namun tidak ada salahnya jika Anda menyelesaikan pesanan pada waktu yang tepat, artinya sebanding dengan jaraknya. Ini juga memengaruhi kinerja dan peringkat penumpang Anda. Dengan rating yang bagus maka akun bisa lebih gacor dan dianggap baik oleh sistem.
7. Kenali penyebab minimnya Orderan yang Masuk
Berikut beberapa hal yang membuat orderan yang masuk kurang maksimal, sumber grabzendesk
- Perhatikan saldo dompet kredit Anda, pastikan cukup untuk menerima orderan
- Sikap pengemudi saat menyelesaikan orderan yang masuk
- Mitra Grab wajib menggunakan aplikasi GrabDriver resmi terbaru yang diinstal dari Playstore atau Appstore.
- Gunakan “Peta Panas” untuk menemukan area yang akan diisi dengan pesanan/permintaan.
- Mitra tidak boleh menggunakan aplikasi tambahan atau handphone yang sudah dimodifikasi (root).
- Ikuti petunjuk di sini untuk memeriksa apakah ponsel Anda “di-root”, lengkap dengan cara memperbaikinya.
- Dan yang terpenting, aplikasi Anda aktif dan berjalan dan siap menerima pekerjaan, disorot dengan warna hijau seperti yang ditunjukkan pada gambar
8. Periksa Saldo Dompet anda sendiri
Hal yang mempengaruhi seberapa cepat mitra grabbike mendapat orderan adalah saldo dompet mitra. Sebelum menawar atau menarik, mitra grabbike harus memastikan bahwa mereka masih memiliki dana yang cukup untuk menerima orderan.
Jika saldo yang Anda miliki tidak mencukupi atau bahkan habis, mitra grabbike yang bersangkutan tentu saja tidak dapat menerima orderan baru. Hal ini tentu saja karena adanya sistem bagi hasil antara mitra dan perusahaan grab pada setiap order yang diambil.
9. Gunakan Smartphone yang Layak
Sebaiknya gunakan smartphone yang memenuhi standar, agar penerimaan orderan Anda lancar. Masalah ponsel bisa berakibat fatal.
Banyak kasus dimana driver sangat sulit menerima pesanan penumpang karena smartphone mereka error atau hang. Selain itu, jaringan internet dan GPS juga sangat-sangat penting, mana bisa tahu posisi penumpang tanpa GPS yang baik.
Gunakan 4G LTE, itu akan lebih baik. Ini memaksimalkan pesanan yang masuk. Dan juga aplikasi cepat bisa order grabbike dengan menggunakan aplikasi original tanpa root. Gunakan juga provider dengan jaringan internet yang stabil di wilayah Anda. Seperti Telkomsel di daerah saya misalnya.
Jadi apa yang harus Anda perhatikan saat ini
- Spesifikasi ponsel
- Jaringan internet stabil
- Selalu bawa power bank atau baterai ekstra untuk menambah daya ponsel
Nah itulah beberapa ulasan Cara Cepat Mendapatkan Orderan Grabbike dan sampai ke titik yang diinginkan. Selain tips diatas, driver juga harus bisa bekerja dengan normal dan tidak terpaksa karena kesehatan adalah hal yang paling utama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua driver Grab di luar sana, terima kasih!