Cara Menghitung Nilai Penerimaan dan Pembatalan Grab – Untuk mengetahui bonus dan insentif apa yang Anda dapatkan, pengemudi perlu mengetahui cara menghitung Nilai Penerimaan dan Pembatalan Grab.
Namun, sebelum mitra Grabbike dan Grabcar dapat menghitung, mereka perlu mengetahui bahwa kinerja driver dalam hal nilai pembatalan, nilai penerimaan, dan peringkat rating bintang driver grab akan memainkan peran penting. Mari kita coba hitung Penerimaan Paket dan Pembatalan.
Sebelum memulai, beberapa driver mungkin bingung mengapa nilai kinerja driver berperan penting dalam mempelajari cara menghitung nilai penerimaan dan pembatalan. Perhitungan kinerja diperlukan untuk menghitung nilai pembatalan dan nilai penerimaan.
Jika Anda salah menilai kinerja, driver mungkin tidak menerima bonus dan insentif yang benar-benar tercapai. Akan sangat merugikan apabila target bonus dan insentif yang dicapai tidak dapat diperoleh hanya karena syarat pembatalan dan nilai penerimaan tidak terpenuhi bukan?
Untuk mengecek nilai pembatalan dan nilai resi driver dapat melihat pada bagian insentif bukan halaman utama seperti gambar dibawah ini.
Gambar di atas menunjukkan nilai pembatalan dan penerimaan per minggu. Data ini tidak bisa dijadikan acuan pendapatan insentif karena perhitungan pada gambar di atas adalah perhitungan nilai pembatalan dan penerimaan dalam seminggu. Penghitungan bergeser secara otomatis setiap hari Senin.
Driver harus mengacu pada perhitungan nilai pembatalan dan resi yang dihitung setiap hari. Penghitungan harian dapat dilihat pada menu ‘Insentif’ yang terletak pada menu ‘Insentif Bonus Harian’ atau ‘Insentif Lainnya’.
Saat mengakses menu “Insentif Harian”, lihat bagian kriteria kualifikasi. Di bagian itu, muncul syarat dan nilai yang dicapai pada hari pengemudi mengakses menu. Angka yang tertera itulah yang akan kita gunakan untuk menghitung.
Cara Menghitung Nilai Penerimaan
Cara menghitung nilai Penerimaan adalah dengan membagi jumlah order yang dieksekusi dengan jumlah total order yang diterima lalu dikalikan 100%. Untuk menyederhanakan logika, mari kita lihat contoh di bawah ini.
Contoh : Seorang pengemudi mendapat sepuluh pesanan sehari. Namun, pengemudi hanya menerima sembilan pesanan. Maka perhitungannya adalah:
9/10 x 100% = 90%
Jika persyaratan nilai penerimaan untuk mendapatkan bonus dan insentif adalah 60%, maka direktur memenuhi persyaratan tersebut. Untuk mengetahui syarat tip, cek kartu insentif di aplikasi Grab driver.
Cara menghitung Nilai Pembatalan
Cara menghitung nilai pembatalan adalah membagi pesanan yang dibatalkan dengan jumlah total pesanan yang diterima. Lihat contoh di bawah ini untuk menyederhanakan logika.
Contoh : Seorang pengemudi menerima sepuluh pesanan dalam satu hari. Namun, dari sepuluh pesanan, pengemudi membatalkan satu pesanan. Maka perhitungannya adalah:
1/10 x 100% = 10%
Jika syarat pembatalan maksimal 10%, driver tetap bisa mendapatkan bonus dan insentif. Untuk mengetahui syarat tip, cek kartu insentif di aplikasi Grab driver.
Acuan lain untuk menghitung nilai pembatalan adalah perbandingan satu banding sepuluh (1:10).
Contoh : Seorang pengemudi menerima sepuluh pesanan per hari, jadi seorang pengemudi hanya dapat membatalkan satu kali. Jika Anda membatalkan dua kali atau lebih dalam sehari, pengemudi harus memiliki minimal 20 pesanan untuk menerima bonus dan insentif.
Baca Juga : Top Up Isi Ulang Saldo Grab Driver melalui semua ATM
Driver Grabbike dan Grabcar perlu mengetahui cara menghitung nilai pembatalan dan penerimaan agar nilai kinerja tetap benar. Meskipun membutuhkan beberapa matematika, menghitung nilai pembatalan dan penerimaan penting untuk mendapatkan bonus dan insentif. Jadi jangan capek-capek menghitung nilai pembatalan dan resi setiap hari, ya!