Instagram telah menjadi media sosial yang populer sejak tahun 2010. Media sosial ini memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Menurut hootsuite.com, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 78 juta pengguna.
Pada awal Oktober 2020, Instagram resmi merilis fitur Instagram Shopping di Indonesia. Fitur ini memungkinkan pengguna dengan mudah berbelanja melalui foto atau video yang diunggah di Instagram.
Fitur ini memiliki manfaat untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan. Apa manfaat ini? Periksa artikelnya!
Daftar Isi
1. Tingkatkan Penjualan dan Keterlibatan
Dilansir dari socialsamosa.com, tujuan utama dari fitur Instagram Shopping adalah untuk meningkatkan penjualan dan engagement. Dengan mengubah unggahan di Instagram menjadi postingan yang bisa Anda beli, Anda bisa mengubah niat konsumen untuk membeli produk secara instan.
Postingan Shoppable juga memberikan informasi lengkap tentang produk, seperti harga, deskripsi produk, dan rekomendasi produk terkait lainnya.
Konsumen juga dapat diarahkan ke website toko untuk melakukan pembelian. Anda dapat mengubah pengikut menjadi pelanggan dengan menggunakan Instagram Shopping.
2. Memudahkan Konsumen dalam membeli Produk
Semua orang pasti menyukai kemudahan, termasuk berbelanja. Instagram Shopping, memudahkan konsumen dalam mencari dan menemukan produk. Menurut hootsuite.com, 81% orang menggunakan Instagram untuk mencari produk atau layanan.
Fitur ini memungkinkan konsumen membeli produk dengan cepat dan mudah hanya dengan beberapa klik tanpa keluar dari Instagram.
Menjadikan media sosial sebagai saluran pembelian utama Anda adalah salah satu tren digital marketing yang bisa Anda ikuti di tahun ini untuk memudahkan konsumen dan meningkatkan penjualan.
3. Tingkatkan Lalu lintas Situs Belanja
Dengan menggunakan Instagram Shopping, Anda dapat mengarahkan konsumen ke situs web toko untuk melakukan pembelian dan melihat produk lainnya.
Konsumen dapat mengunjungi website toko tanpa meninggalkan Instagram. Dilansir dari lyfemarketing.com, memiliki website dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak konsumen, semakin banyak konsumen yang Anda jangkau, semakin besar kemungkinan Anda meningkatkan penjualan.
Jika Anda belum memiliki situs web untuk bisnis Anda, Anda dapat membuatnya sekarang untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, perusahaan dengan website akan meningkatkan kepercayaan konsumen.
Baca Juga: Tren Digital Marketing untuk Bisnis
Itulah beberapa manfaat dari fitur Instagram Shopping yang bisa Anda maksimalkan untuk meningkatkan penjualan. Sebanyak 200 juta pengguna Instagram mengunjungi setidaknya satu akun bisnis setiap hari, selain itu melihat popularitasnya dan banyaknya fitur yang ditawarkan menjadikan Instagram sebagai media promosi dan penjualan yang menguntungkan.
Anda juga dapat mempelajari cara berbisnis dengan Instagram dengan mengikuti kelas Sukses Bisnis Toko Online di Instagram.